Berburu Berkah di Sumur 7 Cibulan Kuningan

ilustrasi
KUNINGAN — Keberkahan dalam hidup merupakan hal yang dicari manusia. Banyak cara ditempuh manusia untuk mendapatkan keberkahan mulai dengan memperbanyak ibadah, sedekah, dan mencari keberkahan melalui perantara doa orang sholeh atau wasilah (perantara).
Salah satu tempat yang dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat mendatangkan berkah adalah sumber mata air di Sumur 7  Cibulan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Sumur 7 berada di komplek tempat pemandian Cibulan, Kuningan, pada saat-saat liburan, banyak pengunjung datang dan membawa air dari 7 mata air (sumur) karena dipercaya bisa membawa keberkahan.
Asnawi salah satu kuncen di Sumur 7 Cibulan, Kabupaten Kuningan mengatakan keberadaan 7 mata air di Cibulan memiliki sejarah pada zaman pemerintahan Prabu Siliwangi yang sering menyepi di Cibulan.
“Prabu Siliwangi menjadikan Cibulan sebagai salah satu Patilasan, untuk menyendiri [bertapa], dan kemunculan 7 mata air sendiri katanya ada ketika masa pertapaan Prabu Siliwangi,” katanya, beberapa waktu lalu.
Keunikan 7 mata air di Cibulan adalah tidak pernah surut meski dalam kondisi kemarau panjang. Asnawi mengungkapkan kemungkinan berawal dari keunikan itulah sebagian masyarakat mempercayai bahwa air dari Sumur 7 bisa memberi keberkahan.
“Namun dari seluruh kuncen yang berjaga di tiap mata air selalu mengingatkan, bahwa yang memberi keberkahan hanya Allah SWT,” tuturnya.
Adapun mata air dari Sumur 7 kata Asnawi hanyalah perantara untuk mendapatkan berkah.
Setiap mata air di Sumur 7 memiliki sebutan yang berbeda, diantaranya adalah mata air pertama sering disebut sumber kejayaan, sumur kedua sebagai sumber kejayaan, dan sumur ketujuh sebagai sumber kemudahan.
Ketika ingin mengunjungi Sumur 7, pengunjung harus masuk ke dalam komplek pemandian Cibulan dengan membayar retribusi tiket masuk.
Adapun untuk bisa masuk pada kawasan mata air Sumur 7, pengunjung tidak dipungut biaya, kalaupun ingin membawa air yang berasal dari Sumur 7, tersedia jerigen yang dijual para kuncen dengan harga Rp10.000.
Pada saat berada di dalam, pengunjung akan diarahakan oleh kuncen membasuh wajah dari masing-masing mata air secara berurutan.(k3/yri)
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar: