Harga Cabai Berangsur Mulai Turun

antaraCIREBON – Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional pantura Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat, turun akibat pasokan dari petani terus berdatangan.
“Harga cabai merah turun karena pasokan dari petani mencukupi kebutuhan konsumen, sebelumnya dijual Rp40 ribu per kilogram, kini hanya Rp29 ribu per kilogram kualitas baik,” kata Martono salah seorang pedagang bumbu di Jagastru Cirebon, Jumat.
Dikatakan Martono, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan masih dipegaruhi hasil panen petani, jika pasokan terus berdatangan biasanya turun.
Sebelumnya, harga cabai merah sempat melambung karena kiriman dari petani tidaksebanding dengan permintaan pasar, kini cabai melimpah.
Sementara itu Karsono pedagang lain di Indramayu mengaku, harga cabai merah tergantung hasil panen petani, jika mereka gagal panen kiriman terganggu sedangkan permintaan konsumen tetap tinggi.
“Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tidak mempengaruhi harga cabai, jika panen melimpah bisa murah tetapi saat pasokan anjlok langsung melambung,”katanya.
Sementara itu Monang petani cabai di Indramayu mengaku, saat panen raya biasanya harga cabai merah turun, karena permintaan pasar rendah sedangkan persediaan melimpah.
Dikatakannya, diperkirakan harga cabai akan kembali naik menjelang lebaran Idul Fitri karena permintaan dari konsumen tinggi sedangkan hasl panen petani belum maksimal.
Menurut dia, saat ini pasokan cabai merah dari sejumlah petani lancar karena hasil panen mereka cukup melimpah, sedangkan permintaan dari konsumen cenderung turun sehingga harga anjlok, namun biasanya harga cabai kembali melonjak jika petani gagal panen.
Dikatakannya, pasokan cabai merah untuk Kabupaten Indramayu masih didatangkan dari luar daerah,seperti Brebes dan Kabupaten Cirebon, dirinya berharap petani lokal dapat memasok kekurangan cabai merah tersebut, meski saat ini ada sejumlah petani tanam cabai merah jenis biola namun sudah dipesan oleh salah satu perusahaan pengolah makanan.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment