Empal Gentong Amarta


Empal Gentong AmartaNama Empal Gentong Amarta saya kenal melalui H. Asiwa, pemilik Batik Cirebon Jaya Abadi, ketika berada di tokonya di daerah Trusmi dan ditraktir makan Empal Asem yang katanya khas dan sangatenak rasanya, dengan kuah yang lebih bening dan lebih sehat ketimbang Empal Gentong yang sudah lebih dahulu terkenal. Empal Asem ini konon dirintis oleh warung makan Empang Gentong Amarta yang berada di daerah Plered, sebelum menyebar ke tempat lain di Cirebon.
H. Asiwa tidak berlebihan ketika mempromosikan kelezatan Empal Asem buatan Empal Gentong Amarta, karena rasanya memang sangat nikmat dan lezat, apalagi ditemani dengan krupuk kampung berukuran kecil, serta sambal hijau, sempurnalah sudah kenikmatannya. Makan pun tidak bisa berhenti sebelum Empal Asem tandas semuanya disantap.
Empal Gentong Amarta
Inilah Empal Asem dari Empal Gentong Amarta yang kami santap. Bagi mereka yang belum pernah mencicipi makanan khas Cirebon yang disebut Empal Gentong akan membayangkan bahwa makanan ini semacam empal daging biasa. Namun Empol Gentong adalah makanan mirip gulai yang secara tradisional dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong.
Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi, namun orang bisa meminta hanya berisi daging saja, disajikan dengan nasi atau lontong. Empal gentong ini berasal dari desa Batembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.
Berbeda dengan Empal Gentong, Empal Asem tidak menggunakan santan. Selain potongan daging lunak, dan jeroan jika mau, di dalam Empal Asem dari Empal Gentong Amarta ini terdapat irisan belimbing wuluh yang membuat rasa kuahnya menjadi sangat segar, serta ada pula irisan tomat, serta daun bawang yang dipotong dalam ukuran cukup besar. Ada pula aroma daun salam dan sereh.
Setelah menikmati Empal Asem di toko milik H. Asiwa itu, beberapa hari kemudian, kami pun mampir sendiri ke warung Empal Gentong Amarta untuk kembali menikmati Empal Asem, langsung di tempatnya.
Empal Gentong Amarta
Selain Empal Asem yang merupakan makanan khas unggulan yang baru, Empal Gentong Amarta juga menyediakan masakan Empal Gentong biasa, serta sate kambing. Saya tidak begitu merekomendasikan sate di Empal Gentong Amarta ini, karena daging sate-nya agak liat dan rasanya biasa saja.
Empal Gentong Amarta
Di tempat untuk menyiapkan makanan di Empal Gentong Amarta, terlihat potongan belimbing wuluh, tomat dan daun bawang yang merupakan ramuan khas Empal Asem yang segar.
Empal Gentong Amarta
Suasana di warung Empal Gentong Amarta yang terletak di pinggir jalan Raya Plered, Cirebon. Agak panas memang, sepanas hawa Kota Cirebon, namun tidak sampai mengganggu kenikmatan dalam menyantap hidangan Empal Asem ini.
Empal Gentong Amarta
Warung Empal Gentong Amarta berada di sebelah timur Jembatan Gesik, yang dibuka pada akhir tahun 1997. Semangkuk Empal Asem di Empal Gentong Amarta ini harganya Rp.10.000, dan sepiring nasi atau lontong Rp.2.000. Pastikan anda meluangkan waktu untuk menikmati segar dan nikmatnya Empal Asem ketika sedang berada di Kota Cirebon.

Empal Gentong Amarta

Jl. Ir. Haji Juanda, no.37
Plered, Cirebon
Telp. 0231 9328878
GPS: -6.70786, 108.51740
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment