Dari 8 Menuju 8 Untuk 8


Rasa kantuk yang menyerang, membuaikan kami selama perjalanan. Tanpa terasa kami sudah berada tak jauh dari tempat tujuan, kami beristirahat sebentar untuk sekedar sholat, mandi, berganti pakaian dan sarapan di sebuah tempat peristirahatan di pinggiran kota. Matahari Bumiayu pun terbit menyapa kami, ketika bis kembali meluncur menuju tempat yang di tuju ke sebuah sekolah di kabupaten Banyumas, SMP Negeri 8 Purwokerto.
SMP Negeri 8 Kota Cirebon sebagai Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN), sangat sadar bahwa tidaklah mudah melanjutkan langkah untuk meraih tingkat yang lebih tinggi sebagai Sekolah Standar Nasional. Oleh karena itu kami merasa perlu untuk melakukan studi banding, dalam rangka menimba ilmu dan berdialog secara langsung ke sekolah yang telah terlebih dahulu mencapai peringkat tersebut. SMP Negeri 8 Purwokerto adalah sekolah yang telah memenuhi 8 standar untuk menjadi Sekolah Standar Nasional. Kedelapan standar tersebut, yaitu :
1. Standar Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi ( Perangkat Kurikulum Sekolah )

3. Standar Proses
4. Standar Sarana dan Prasarana
5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6. Standar Pengelolaan
7. Standar Pembiayaan, dan

8. Standar Penilaian

Sungguh di luar dugaan, setibanya di halaman kampus, kedatangan kami rupanya sudah ditunggu - tunggu. Kami disambut langsung dengan sangat meriah yang dipimpin lansung oleh Bapak Markam, S.Pd. selaku Kepala Sekolah, segenap Dewan Guru dan Siswa Siswi SMP Negeri 8 Purwokerto.
Kami langsung dipersilahkan menuju sebuah ruangan, untuk mengikuti acara yang telah dipersiapkan oleh pihak SMP Negeri 8 Purwokerto selaku tuan rumah. Di sela - sela acara tersebut kami disuguhi dengan alunan merdu nyanyian seorang siswi kelas IX. Rasa lelah dan kepenatan terasa lenyap, apalagi ketika kami dipersilahkan untuk mencicipi hidangan yang telah disuguhkan oleh tuan rumah. Kelezatan soto Banyumas, rasah gurih dari getuk goreng dan cita rasa yang khas dari tempe mendoan, membuat kami lupa telah menempuh perjalanan yang cukup jauh dini hari tadi.

Setelah selesai mencicipi hidangan acara pun dilanjutkan kembali yakni forum dialog. Masing - masing kami telah dibagi menjadi 8 kelompok, yang telah ditugaskan untuk menggali ilmu dan informasi sesuai dengan 8 kriteria standar SSN.Suasana keakraban dan kekeluargaan begitu kental kami rasakan saat berdialog dengan tuan rumah. Tidak sedikit pun ada rasa ewuh pekewuh diantara kami. Kehangatan dan sikap keterbukaan dari segenap warga SMP Negeri 8 Purwokerto dalam menjawab pertanyaan yang kami lontarkan, menjadikan kami merasa berada di rumah sendiri. Seperti kerabat dekat kami berbincang - bincang dan saling bertukar pikiran, hilang kesan bahwa kami adalah orang jauh yang bertamu ke rumah mereka.
Waktu begitu cepat berlalu, tak terasa hari telah beranjak siang. Perbincangan kami rasanya belum semuanya tuntas. Namun waktu pula yang mengharuskan kami untuk pamit.

Setelah dilakukan pemberian kenang - kenangan oleh masing - masing kepala sekolah dan foto bersama. Tibalah waktunya kami undur diri. Banyak hal yang membuat kami kembali bercermin dan mengevaluasi diri setelah studi banding ini. Perlu penataan dan penambahan di berba
gai sisi, agar 8 kriteria standar isi Sekolah Standar Nasional dapat kami penuhi.Harapan kami yang datang jauh - jauh dari SMP Negeri 8 Kota Cirebon, menuju SMP Negeri 8 Purwokerto, adalah untuk meningkatkan kualitas kami dalam memenuhi 8 kriteria Standar Isi Sekolah Standar Nasional.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment