Gerhana bulan 16 juni 2011 di indonesia

Gerhana Bulan Total , Pada Kamis pagi hari, 16 Juni 2011 ada gerhana bulan total terlihat dari sebagian Asia Tenggara termasuk Indonesia dan seluruh Australia dan juga Afrika  . Australia Barat melihat semua gerhana, dan sedangkan untuk senja Australia tengah dan Timur terjadi setelah totalitas dimulai, sepotong yang lumayan dari gerhana terlihat. 

Gerhana dimulai dengan Bulan mulai turun ke arah ufuk barat. Kalau kawan – kawan blogger ingin melihatnya dan saat ini berada di Indonesia, mungkin  harus keluar dari tempat tidur, dan dengan hawa yang dingin pagi – pagi, bangun…bangun. Berdasarkan berita gerhana bulan ini paling lama sepanjang sejarah yaitu sekitar 100 menit dari jam 01:22 sampai dengan 05.30 WIB. Ini adalah gerhana terpanjang sejak tahun 2000, dan yang terbaik sejak Agustus 2007 , jadi jika kamu lagi sibuk blogging, mending lihat dulu dan jangan sampai terlewatkan.

Bulan memasuki bagian paling gelap dari bayangan bumi (Umbra) .Selama jam berikutnya kita akan melihat bayangan perlahan-lahan merayap di wajah Bulan sampai Bulan ditutupi oleh bayangan Bumi. Kita juga akan melihat bintang-bintang menjadi lebih terlihat sebagai gelap Bulan. 

Berdasarkan sumber bacaan dari media, ada cara terbaik untuk menyaksikan gerhana? Nah, dengan mata telanjang pun juga bisa. Melihat bayangan merayapi Bulan akan mengagumkan, dan kita dapat menonton langit menjadi gelap dan bintang-bintang keluar ketika gerhana berlangsung. Bulan tidak akan benar-benar gelap, tetapi akan menjadi warna merah tua. Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan sempurna , akan aman dilihat.

Selama di garis timur, sebagai pendekatan senja, Jupiter, Mars dan Venus. Kita bahkan dapat melihat planet Mars dan Venus atau meteor, kayaknya menarik nich kalau bikin video gerhana bulan pada Juni 2011.

Kita juga dapat menggunakan teropong, gerhana akan terlihat cukup bagus di teropong, dan kita akan dapat melihat bagian gelap Bulan dengan jelas. Dalam teleskop, kita akan melihat bahwa bayangan Bumi tidak tajam. Kita dapat menggunakan lensa daya rendah untuk melihat seluruh Bulan untuk efek terbaik, atau dengan lingkup daya tinggi.

Memotret gerhana dapat dilakukan dengan kamera digital sederhana. Kita hanya bisa mengarahkan kamera melalui lensa teleskop dan tekan tombol, dan mulailah. Untuk teropong sekalipun, selain di gerhana Bulan maksimum , terlalu terang dan bagian terang juga akan terkena. 

Untuk fotografi tanpa teleskop, kita akan memerlukan tripod atau sesuatu untuk menjaga kamera lebih stabil saat mengambil foto. Kita juga perlu untuk mengambil foto pada pengaturan tercepat sehingga bisa untuk menghindari overexposure. 
Kebanyakan kamera digital sederhana memiliki modus malam, atau memungkinkan kita untuk mengatur pencahayaan untuk beberapa detik atau lebih, tetapi untuk sebagian besar gerhana Bulan akan sangat cerah. Jadi silahkan diatur modusnya agar nanti dapat mengambil foto gerhana bulan 16 Juni 2011. Siapkan kamera yang memiliki pengaturan zoom, zoom out ke zoom optik maksimum 
Wah meski siap- siap kamera nich buat mengabadikan video gerhana bulan, 16 Juni 2011 di Indonesia.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment