Macan Ali Cirebon


Macan Ali” adalah Bendera sekaligus Lambang Kebesaran Keraton Cirebon, bentuknye berupe kaligrafi arab yang mengikuti bentuk piktogram stilasi dari “Macan Duduk”. Sering ditemuin di Lukisan Kaca seniman Cirebon, tulisan arabnye berbunyi: “thoyibah laa ila ha illallah”.

Hubungannye ame Sayidina Ali, ane ringkesin aje nih…, karene Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) keturunan ke 17 dari Sayidina Ali, ke 18 dari Rasulullah, karene depan namenye pake Sayid Syarif,nasab dari Husein.
Balik lagi ke macan nih,…
Di Keraton Pakungwati Cirebon (Keraton awal) pernah dibentuk sepasukan khusus berjumlah 12 orang yang dapat berubah wujud menjadi macan. Keraton memberikan “jubah & Bandrang(Kpale Tombak)” sebagai tanda. Kalo mao berubah dengan memakai jubah itu, pasukan ini tidak muncul sembarangan, cuman pas Cirebon terancam bahaya aje.
Tandanye Cirebon bahaya adlah apebila “Kantil” atau Kurung Batang di Astana Gn.Jati yang berlapis emas raib…terbang…atau bergoncang. Pasukan ini berlanjut diwarisin ke ahli warisnye sampe sekarang, konon pemunculannye cuman di bulan Mulud dan di tempat keramat yang ditunjuk. Sekarang udeh berkurang jumlahnye mungkin cuman 5 aje…
Udah dulu ane gak bisa panjang lebar nyeritainnye, belon dapet ijin dari yang bersangkutan di Cirebon…
Kemaren ane udah kasih tau ke Cirebon ttg milis sahabat silat ini kalo sekedar cerita aje gak apa2 asal jgn kasih tau nama/orang,ambil gambar jubah (tepatnya gamis kali ya…) sama kepala Tombak terus disebar luasin.
Di Cirebon sendiri terbatas nyang tau, Insya Alloh Lebaran Haji ini ane kesane buat gali cerita lagi.
Menurutnye kalo bulan Mulud suka muncul di Petilasan Tapak Semar (arah barat hutan Astana Gunung Jati). Waktu ribut2 tahta di Keraton Kanoman kemarenan muncul di sumur tujuh Jalatunda, menurut nyang liat bentuknya orang bergamis, berjalan agak merangkak lama kelamaan berkelebat jadi macan menghilang.
Tiap anggota punya nama dan pangkat, diambil dari nama daerah masing2…misalnya “Ki Gedheng….siapa gitu…” (sahabat silat)
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment