Makin Menjanjikan

JAKARTA – Pundi-pundi emas tim merah putih terus bertambah. Kali ini, giliran cabang olahraga (cabor) bela diri wushu yang berhasil mengamankan dua emas dalam pertandingan hari pertama di tenis indoor senayan, Jakarta, kemarin (18/11).
Dua emas Indonesia disumbangkan oleh pewushu kategori taolu nomor nan quan putra atas nama Heriyanto dan nan quan putri atas nama Ivana Ardelia Irmanto.
Heriyanto menjadi juara setelah mengumpulkan poin 9,72. Dia mengungguli wakil Vietnam Quoc Khanh Pham yang mengumpulkan 9,70 poin. Di posisi ketiga ditempati oleh wakil Malaysia, Peng Heng Kevan Cheah dengan 9,69 poin.
Sementara, Ivana menyumbang emas kedua dengan torehan poin 9,60. Perolehan nilainya tak mampu dikejar oleh wakil Malaysia Cheau Xuen Tai dan wakil Brunei Faustina Woo Wai Sii yang masing-masing mencatat poin 9,55 dan 9,48.
Keberhasilan kedua pewushu ini sekaligus membayar kegagalan Indonesia pada nomor nan quan pada SEA Games Laos 2009 yang hanya mampu menghasilkan satu perak. Mereka pun memastikan target yang dicanangkan manajemen untuk menyapu emas pada hari pertama tercapai.
Baik Heriyanto maupun Ivana, sebelumnya sempat khawatir karena tahu persaingan bakal ketat. Sebab, lawan yang dihadapi mayoritas adalah yang tampil di SEA Games Laos lalu. Heriyanto menjelaskan jika lawan yang dikalahkannya di final kemarin, adalah lawan yang menaklukkannya dua tahun silam.
“Ini cukup memuaskan. Penantian panjang untuk meraih emas akhirnya terbayar sekarang. Dari lima kali ikut SEA Games, ini emas pertama dari nan quan yang saya dapatkan,” tutur Heriyanto.
Manajer tim Indonesia Nanang Soleh pun tak kalah gembira karena raihan di nomor Taolu ini membuat kerja timnya untuk menggapai target dari KONI semakin mudah. Dari 18 emas yang tersisa, Indonesia tinggal menambah tiga emas lagi untuk menunaikan tugas meraih lima emas Wushu.
Selain nan quan, wakil Indonesia juga turun di nomor taiji quan, pewushu Indonesia Lindswell untuk sementara mampu memimpin perolehan poin dengan 9,74. Dia akan bertanding memperebutkan medali emas pada hari ini melawan Shin Yii Ing (9,70 poin) asal Malaysia dan Wai Mar Tun Thein asal Mayanmar (9,68).
Untuk nomor tanding (sanshou), Indonesia gagal meloloskan wakilnya satu wakilnya ke semifinal kelas 58 kg putri. Itu setelah Hotma Dearma Purba takluk atas wakil Vietnam. Thi Bich Nguyen di perempat final, kemarin.
Pada hari ini, akan dipertandingkan empat nomor final yang memperebutkan empat emas. diantaranya adalah taiji quan putra, changquan putra, taijijian putri, dan changquan putri. Sementara, untuk nomor shanshou akan kembali dipertandingkan penyisahan untuk kategori 52 kg putra, 56 kg putra, 60 kg putra, dan 65 kq putra.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment