SEJARAH SINGKAT TENTANG KEBERADAAN MAN 2 CIREBON


Latar Belakang : Program pendidikan SP. IAIN terselenggara atas tuntutan orang tua / wali murid serta masyarakat khususnya kaum muslimin yang didorong rasa pentingnya pendidikan yang bernuansa Islam , maka terketuklah para ulama serta tokoh masyarakat untuk perlu adanya pendidikan tingkat menengah atas yang bernuansa Islami
Tujuan : a. Menciptakan lulusan SP. IAIN sebagai generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa .
b. Guna memenuhi hasrat kaum muslimin Yayasan SGI ( Sekolah Guru Islam ) yang diketahui Oleh Sdr. KH. Bisri Amin dan Kawan-kawan mendirikan SP. IAIN ( Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri ) pada tahun 1961 / 1962 yang berlokasi di Jl. Diponegoro No. 14 Kota Cirebon dan menempatkan Sdr. Drs. Djaharudin AR. Sebagai Direktur , Tanggal 12 Agustus 1965 , resmilah penegrian SP. IAIN dengan Surat Keputusan Menteri Agama No. 59 tahun 1965 .
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 17 tahun 1970 tanggal 16 Maret 1970 terjadilah perubahan / alih fungsi dari SP. IAIN menjadi MAN dengan nomor urut 69 nomor Madrasah 06. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan orang tua serta minat siswa yang ingin melanjutkan pendidikan kepada Madrasah tingkat Aliyah , maka perkembangan siswa MAN 2 Cirebon dari tahun ke tahun semakin meningkat yang berakibat minat siswa tidak terpenuhi sehubungan dengan daya tampung terbatas , karena perkembangan siswa tidak disertai dengan perkembangan sarana dan prasarana yang memadai . Bertitik tolak dari hal tersebut diatas , kemudian para pendiri mengajukan permohonan lahan tanah guna pembangunan MAN 2 Cirebon pada Wali Kota Kepala Daerah Tk. II Cirebon . Berdasarkan pertimbangan hal tersebut , maka ditempatkanlah lahan tanah MAN 2 Cirebon
yang semula berlokasi sementara pada Gedung Yayasan SGI di Jl. Diponegoro dipindahkan ke lokasi Jl.
Pelandakan No. 1 Kota Cirebon dengan surat penempatan No. 1599/KS/021.2/1982 tanggal 13 Oktober 1982 sampai dengan sekarang , dengan status Hak Guna Bangun ( HGB ) dalam upaya peningkatan status keberadaan tanah MAN 2 Cirebon menjadi hak milik , kami berusaha untuk mengangsur melalui PD. Pembangunan DT. II Kota Cirebon sebesar Rp. 13.415.640,00 ( Tiga belas juta empatratus limabelas ribu enamratus empatpuluh rupiah ) yang saat ini telah dilunasi dan telah mendapat surat pelepasan Hak atas tanah dari PD. Pembangunan Kota Cirebon , dengan nomor : 854/PLP/PD.P/IX.2005 tertanggal 27 September 2005 .
Untuk selanjutnya tinggal proses Sertivikasi ke BPN .
Demikianlah sejarah singkat tentang keberadaan MAN 2 Cirebon , semoga dengan adanya sekelumit ringkasan historis ini kiranya dapat kita mengetahui serta hayati guna melangkah lebih baik dalam meningkatkan mutu serta kwalitas khususnya MAN 2 Cirebon .
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment