FE Unswagati Latih Siklus Akuntansi

CIREBONFakultas Ekonomi (FE) Unswagati, menggelar pelatihan Siklus Akuntansi dan Persiapan Tes Masuk Dunia Kerja, kemarin. Wakil Dekan I FE, H Deddy M K SE MSc mengatakan, dari pelatihan ini diharapkan akan mampu memberi kemampuan bagi mahasiswa menerapkan disiplin ilmu diterapkan di dunia kerja.
Walau demikian, pelatihan ini hanya bersifat pembekalan kepada mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Karena itu, pelatihan ini tidak dapat mewakili semua ilmu yang telah dipelajari selama mahasiswa duduk di bangku perkuliahan. “Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, terutama bagi para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Khususnya pada saat melamar pekerjaan, terkadang mahasiswa menemui kesulitan untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam tes wawancara kompetensi, maupun tes kompetensi tertulis dalam bidang akuntansi,” paparnya, kemarin.
Menurutnya, alumni Unswagati ke depan perlu memiliki kompetensi di bidang ilmunya. Karena saat mereka masuk dunia kerja, perusahaan akan melihat pendidikan terakhir di perguruan tinggi. Termasuk Unswagati sebagai kampus terbesar sewilayah III Cirebon. Tentu akan diperhatikan oleh perusahaan.
Ketua Pelaksana, Moh Yudi Mahadianto SE MM menjelaskan, dalam pelatihan ini, ada materi tambahan, antara lain strategi-strategi menghadapi tes wawancara, psikotes, serta tata cara membuat surat lamaran yang benar dan menarik. Ia menjelaskan, hasil akhir dari proses akuntansi sebenarnya adalah laporan keuangan. Dan Laporan keuangan merupakan bahasa bisnis perusahaan, artinya kondisi perusahaan dapat dilihat dari kondisi perusahaan melalui laporan keuangan.
Begitu juga sebaliknya, apabila perusahaan tidak kompeten untuk menyusun laporan keuangan dengan baik, bukan tidak mungkin perusahaan tersebut kondisinya buruk. Padahal pada kenyataannya belum tentu seperti itu, mungkin saja bisa sebaliknya. “Sebenarnya dua faktor yang menjadi titik rawan terhadap reputasi perusahaan. Yaitu kinerja keuangan perusahaan itu sendiri dan sistem akuntansi yang dimiliki oleh perusahaan. Laporan keuangan yang baik adalah laporan keuangan yang mampu merefleksikan kondisi dan keadaan perusahaan yang sesungguhnya,” ungkapnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment