Nikmati Kereta Wisata ke Cirebon

kereta wisata cirebon
Kereta Wisata Cirebon - Jakarta (Paradiso) – Potensi Wisata dan budaya yang dimiliki kota Cirebon menarik perhatian PKCAM (Philip Kotler Center for ASEAN Marketing) – Jakarta CMO (Chief Marketing Officer) untuk menggelar acaranya yang ke-40 dengan tajuk “SUPER WEEKEND PROGRAM: Wonderful Cirebon, Wonderful Train”.
Bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia, acara yang digelar pada Sabtu, (2/2/2013) ini mengajak para undangan menikmati perjalanan Wisata sehari menggunakan kereta wisata ke Cirebon. Tiga gerbong kereta digunakan untuk perjalanan ini, yaitu Kereta Api (KA) Wisata Nusantara, KA Wisata Toraja, dan KA Eksekutif.
Berangkat dari stasiun Gambir, Jakarta, sepanjang perjalanan ke Cirebon para undangan dipandu langsung Presiden Direktur PT KAI Ignasius Jonan dan Tri-Founder of Philip Kotler Center for ASEAN Marketing, Hermawan Kartajaya.
Wamenparekraf, Sapta Nirwandar dan Hermawan Kartajaya tampak menikmati perjalanan ini.
Wamenparekraf, Sapta Nirwandar dan Hermawan Kartajaya tampak menikmati perjalanan ini.
Tampak juga dalam rombongan Wamen Parekraf, Sapta Nirwandar yang didampingi, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Esthy Reko Astuti dan Ketua BPPI, Yanti Sukamdani berbaur dengan puluhan undangan lainnya.
Tarian tradisional khas Cirebon menyambut para undangan setibanya di stasiun Cirebon, kemudian langsung menuju pusat batik Trusmi di Kota Cirebon. Para undangan juga berkesempatan menikmati Kraton Kasepuhan yang penuh dengan peninggalan sejarah.
“Cirebon ini sebetulnya akan jadi wisata alternatif bagi orang-orang Jakarta. Kalau Bandung padat, sekarang masuknya ke Cirebon,” kata Wakil Menparekraf, Sapta Nirwandar.
Menurut Sapta, Cirebon memiliki jarak yang tidak begitu jauh dari Jakarta. Transportasi untuk menuju kota ini pun cukup mudah, seperti kereta. “Naik kereta kurang dari 3 jam sudah sampai Cirebon, relatif dekatlah,” lanjut Sapta.
Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di kota ini cukup banyak. Dengan adanya Keraton Kasepuhan, Kanoman dan Museum Linggarjati yang bisa menjadi destinasi wisata unggulan. “Cirebon sebagai magnet karena dekat dengan Jakarta, dan berada di tengah-tengah antara Semarang dan Jakarta. Jalur laut dan pantura pun cukup bagus,” kata Sapta.
Mengunjungi pusat batik Trusmi di Kota Cirebon.
Mengunjungi pusat batik Trusmi di Kota Cirebon.
Urusan perut tak perlu khawatir, ada empal genthong sebagai makanan khas dan bisa ditemukan dengan mudah mulai dari rumah makan hingga pedagang kaki lima. Cirebon pun memiliki pusat batik yakni batik Trusmi.
Melihat potensi itu semua, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun berencana bekerja sama dengan PT KAI, untuk mempromosikan pariwisata Cirebon. “Kita akan kerja sama dengan PT KAI, ASITA, dan yang lain untuk membuat paket-paket Wisata, kerja sama ini perlu dilakukan karena pariwisata itu tidak bisa berjalan sendiri,” jelas Sapta.
Kenyamanan  Kereta Wisata
Pada setiap gerbong kereta wisata, terdapat fasilitas yang tidak bisa ditemui dalam gerbong kereta biasa. Ruang pertemuan, audio video, mini bar hingga kamar mandi eksekutif memanjakan penumpang dengan sensasi ala presiden.
Ruang tidur kereta wisata didesain senyaman mungkin.
Ruang tidur kereta wisata didesain senyaman mungkin.
Untuk mengelola kereta wisata, KAI membentuk perusahaan baru yaitu PT Kereta Api Pariwisata. Gerbong platinum yang biasa digunakan oleh presiden ini kini juga dapat dinikmati oleh masyarakat.
Untuk meningkatkan nilai tawar, KAP menyediakan berbagai paketwisata yang dapat dipilih oleh penumpang. Paket-paket tersebut adalah; paket kereta wisata Cirebon, Wisata Jogja, Wisata Gombong – Nusakambangan, Wisata Nusakambangan – Segara Anakan, wisata Malang – Batu, wisata Semarang – Ambarawa, dan paket kereta wisata Malang – Batu – Bromo.
PT KAI terus berkomi tmen untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Berbagai pengembangan untuk perjalanan jarak dekat dan jauh terus dilakukan demi memenuhi ekspektasi konsumen. Upaya ini terbukti dengan keberhasilan PT KAI merebut 46 penghargaan dalam hal service excellence, diantaranya adalah BUMN Inovatif Terbaik Anugerah BUMN Award 2012 dan Korporasi Pilihan Serikat Perusahaan Pers (SPS) 2012.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment