Polisi Minta Bantuan Warga


Untuk Menciptakan Kondusivitas dan Keamanan Kampung
CIREBON – Peran Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dirasakan sangat penting di tengah situasi kerawanan gangguan ketertiban masyarakat saat ini.
Guna lebih mendekatkan dengan masyarakat, fungsi Babinkamtibmas kini diawaki oleh seorang perwira berpangkat AKP. Untuk itu, guna membangun kesadaran hukum di tingkat Kelurahan, Polres Cirebon Kota gencar turun ke masyarakat melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang Kamtibmas di tiap kelurahan se-Kota Cirebon.
Kali ini, pada Sabtu malam (22/10) kelurahan yang disambangi petugas Polres Cirebon Kota adalah Kelurahan Pekalipan. Sosialisasi hukum yang dikemas dalam acara penyuluhan dan temu wicara tersebut berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Pekalipan dihadiri Kapolsek Pelabuhan Cirebon (KPC) AKP Ali Mashar SH, Lurah Pekalipan Nursamsi dan masyarakat setempat.
Dalam acara itu, AKP Ali Mashar SH yang ditunjuk selaku Perwira Babinkamtibmas untuk Kelurahan Pekalipan mengatakan, terciptanya keamanan perlu adanya kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat dengan pihak aparat.
“Apapun bentuk keluhan masyarakat terkait kebutuhan hukum, aparat kepolisian selalu siap melayaninya. Tugas utama saya sebagai perwira babinkamtibmas adalah untuk menyelesaikan permasalahan sedini mungkin, baik preemtif maupun preventif terhadap potensi konflik di masyarakat,” ujarnya.
Masih menurut Ali, adanya polisi masyarakat (polmas) akan membantu terciptanya kondusivitas keamanan di kampung. Sebab, peran polmas sangat sentral untuk menjaga keamanan di kampung yang menjadi daerah tanggung jawabnya.
“Masalah yang sering muncul yakni kamtibmas. Polmas dan masyarakat harus bersatu padu menciptakan sistem keamanan dan mengantisipasi segala bentuk tindak kriminalitas seperti Curat, Curas dan Curanmor,” jelasnya.
Sementara itu, Nursamsi Lurah Pekalipan kepada Radar menyambut baik adanya penyuluhan tersebut karena memberikan efek positif pada warganya.
“Warga dapat mengakses informasi yang sebelumnya tidak diketahuinya. Lihat saja masyarakat di lingkungan Kelurahan Pekalipan sangat antusias mengikuti penyuluhan ini. Diharapkan, dengan penyuluhan ini kemitraan antara polisi dengan masyarakat akan terjalin erat,” tuturnya
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment