RIWAYAT SINGKAT SMA NEGERI 2 CIREBON

SMA Negeri 2 Cirebon didirikan berdasarkan Surat Keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 109/SMU/II/1967 tanggal 1 Januari 1967. Upacara peresmian pembukaan diadakan pada tanggal 27 Januari 1967 bertempat di bangsal SMA Negeri 2 dan dipimpin oleh Wakil Kepala Inpeksi SMA yaitu Bapak Sundoro (Alm) serta berlangsung secara sederhana penuh dengan khidmat
 
Dalam proses pembentukanya SMA Negeri 2 Cirebon untuk pertama kalinya langsung memiliki formasi siswa kelas I, II, dan III yang berasal dari pembauran dua sumber lembaga pendidikan yaitu sebagian siswa dari SMA Negeri di Jl. Dr. Wahidin 79 (sekarang SMAN 1) dan sebagian lagi dari SMU Swagati Jl, Dr. Cipto Mangunkusumo No.1 (sekarang SMAN 2).
Sebagai pimpinan pertama SMA Negeri 2 Cirebon (1967-1968) dijabat oleh Bapak R. Abdullah, seorang guru senior dari SMA Negeri Cirebon dan tokoh pendidikan terkemuka di wilayah III Cirebon. Personil pendidik dan stafnya/tata usahanya hasil pembauran dua lembaga tadi. Lebih tepatnya, jumlah guru yang diangkat sebanyak 19 orang dan tata sahanya sebanyak 8 orang dengan jumlah siswa sebanyak 687 orang (18 kelas)
 

Adapun nama-nama dari Bapak/Ibu Guru perintis pendidikan SMU Negeri 2 Cirebon adalah :
1. Bapak R. Abdullah : sebagai Kepala Sekolah (pensiun)
2. Bapak E. Rukiyat : sebagai Wakil Kepala Sekolah (sekarang Dekan FKIP Unswagati Cirebon)
3. Bapak Subagjo : sebagai guru
4. Bapak Oma Rutoma : sebagai guru
5. Bapak Suhadi S : sebagai guru (pensiun)
6. Bapak Edi Dwiyono : sebagai guru (pensiun)
7. Ibu Rolah : sebagai guru (pensiun), sekarang Dosen UNAS Jakarta
8. Bapak Hanan Supriadi : sebagai guru (alm)
9. Bapak Abdul Muin : sebagai guru (alm)
10. Bapak Dhaljuri : sebagai guru (pensiun)
11. Bapak Yoyo Guharya : sebagai guru (sampai sekarang)
12. Ibu Tuti Yuliahati : sebagai guru (pindah tugas)
13. Bapak Sudarja : sebagai guru (alm)
14. Bapak Sukarno : sebagai guru (alm)
15. Bapak Suryadi : sebagai guru
16. Bapak Suprapto : sebagai guru (alm)
17. Bapak Ugon S : sebagai guru (sampai sekarang)
18. Bapak Siswoyo : sebagai guru (pensiun)
19. Bapak Toto Sudana : sebagai guru (alm)


Adapun nama-nama Karyawan Tata Usaha yaitu :
1. Bapak Makbul : (pensiun)
2. Bapak Sujono : (pensiun)
3. Bapak Darsini : (pindah tugas ke Pertamina)
4. Bapak Asnawi : (pensiun)
5. Bapak Subrata : (pensiun)
6. Ibu Lianny : (pensiun)
7. Ibu Hianny : (pensiun)
8. Bapak Madgana : (pensiun)


Walaupun dengan personil yang sangat minim, roda pendidikan di SMUN 2 Cirebon berjalan lancar, layaknya seperti sekolah yang mapan. Bahkan mereka mampu membuat kejutan-kejutan dan terobosan yang berani untuk menjejarkan dengan sekolah-sekolah lain yang sudah lama berdiri. Diantaranya pada tahun itu juga SMUN 2 mampu mempelopori berdirinya sebuah studio Radio Pelajar yang pertama kali ada di kota Cirebon dengan nama (call sign) Radio Genta Pelajar (RGP) Smanda Cirebon, dan berkumandang pada frekuensi 2,4 Mega Cicle per detik.
Sebagai pimpinan studio, dipercayakan kepada Bapak Oma Rutoma , dan sebagai wakilnya merangkap Kasie Diskotik dijabat oleh Bapak Yoyo Guharya, setelah RGP Smanda tersebut berdiri dan beroperasi,barulah studio-studio radio pelajar sekolah lain bermunculan menyamarakkan udara suara di Cirebon.
 
 
Sesudah itu berturut-turut prestasi demi prestasi diraih oleh SMUN 2 baik di bidang akademi maupun di bidang ekstrakurikuler yang semakin memajukan nama SMUN 2 Cirebon sehingga menjadi sekolah kepercayaan masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Generasi demi generasi terus silih berganti menyempurnakan dan menyemarakkan perjalanan sejarah SMUN 2 Cirebon, dengan segala suka dukanya hingga pada usia ke 38 sekarang ini.
 

Satu amanat luhur dari pada pendahulu SMUN 2 Cirebon yang berpuluh tahun diperjuangkan dan baru dapat direalisasikan pada saat kepemimpinan Bapak Drs. Soemaljo Iskak sebagai Kepala SMUN 2 Cirebon, yaitu perubahan status kepemilikan tanah/bangunan SMUN 2 Cirebon dengan yayasan Swagati Cirebon, status kepemilikan ditetapkan menjadi hak milik Depdikbud Cq SMUN 2 tersebut , dengan bukti-bukti diterbitkanya sertifikat No. 25 tanggal 17 Juli 1992. Keberhasilan ini dilanjutkan lagi dengan dilaksanakan rehabilitasi total seluruh bagunan lama SMUN 2 Cirebon, mulai bulan Desember 1992 seperti yang kita lihat dan rasakan sekarang ini.

Mudah-mudahan dengan wajah baru dari gedung SMUN 2 Cirebon dan ditunjang dengan semakin berbobotnya para pendidik yang sekarang ada dan rata-rata berusia remaja akan melahirkan tekad dan semagat baru dari seluruh warga SMUN 2 Cirebon untuk lebih giat berkarya, merenda harapan, menggapai masa depan yang cerah dalam merealisasikan terwujudnya cita-cita Nasional......... semoga.
Pimpinan Organisasi Intra Sekolah yang pada waktu itu disebut PPSMA (Persatuan Pelajar SMA) dijabat oleh AMIRUDIN sebagai ketua dan ISMAN HARIBADI sebagai wakilnya. Baru pada tahun 1974 istilah PPSMA diganti dengan nama OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan sebagai ketuanya dijabat oleh ARI TARYONO. Istilah OSIS tersebut berlangsung sampai sekarang dan untuk masa bakti 2002/2003 jabatan ketuanya dipercayakan kepada ananda ASEP ASIKIN. Pada OSIS masa bahti 2002/2003 ini berhasil membuat terobosan baru yaitu mengadakan Organisasi Dewan Keamanan Sekolah untuk angkatan yang ?pertama?, yang diketuai oleh SUKMAWAN. Sedangkan untuk pembuatan lambang Dewan Keamanan Sekolah berhasil dibuat oleh ROLLY MAULANAN AWANGGA pada tahun 2003, ia menjabat sebagai Anggota Dewan Keamanan SMU Negeri 2 Cirebon masa bakti 2002/2003. Untuk masa bakti 2004/2005 jabatan ketuanya adalah ARIEF FARDILLAH .
Viva Smanda...... Semoga Allah SWT selalu memberkati kita semua.

Prestasi lain:
- SMU Negeri 2 Cirebon, sebagai Juara I kelengkapan dan Keberhasilan SMU seluruh Jawa Barat tahun 1976,
- Bapak Bumita Sastradireja, Kepala SMUN 2 Cirebon ditetapkan sebagai guru teladan tingkat Jawa Barat tahun 1976.
- Berdirinya bangunan Mushola, merupakan Mushola sekolah yang pertama di Kotamadya Cirebon.


DAFTAR KEPALA SEKOLAH

1. Bapak R. Abdullah (1967-1968)
2. Bapak Bumita Sastradireja (1968-1977)
3. Bapak E. Noeroni (1977-1985)
4. Bapak Drs. Soekardi. K (1985-1987)
5. Ibu Dra. Eni Sukaeni (1987-1989)
6. Bapak Drs. Soemaljo Iskak (1990-1996)
7. Bapak K. E. Yustiadi B.A (1997- 1998)
8. Bapak Drs. Hj. Rochaeni (1996-1998)
9. Bapak Drs. Ferry Supeno (1998-2008)
10. Bapak Drs.H.Wirsad Yuniuswoyo, MPd. (2008- .......)
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment