SMAN 2 Raih SBL 2011


 
CIREBON – Prestasi demi prestasi terus diraih oleh SMAN 2 Kota Cirebon, kali ini di bidang lingkungan. Berdasarkan keputusan gubernur Jawa barat no 002/Kep.1544.BKD/2011, SMAN 2 terpilih menjadi Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tahun 2011.
Menurut Kepala SMA Negeri 2, Suroso SPd MPd, keberhasilan SMAN 2 meraih predikat SBL 2011 kerana dinilai telah mampu meningkatkan kepekaan dan kesadaran anak terhadap lingkungan sehingga terbentuk sikap dan perilaku positif terhadap lingkungan.
“Terpilihnya SMA Negeri 2 sebagai SBL karena mampu membangun perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan adanya hasil kegiatan yang terkait dengan pendidikan lingkungan hidup. Bahkan sekolah ini mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang peduli terhadap pengembangan pendidikan lingkungan hidup,” jelas dia kepada Radar.
Dalam kesempatan itu, dia mengungkapkan bahwa keberhasilan SMAN 2 meraih SBL merupakan perjuangan semua keluarga besar SMAN 2, baik guru, pegawai maupun siswa. Dengan demikian, maka penghargaan yang diraih tidak semata-mata untuk SMAN 2, tapi perkembangan dunia pendidikan di Kota Cirebon.
”Ini merupakan aset ke depan bagaimana menjadikan orang berbudaya atau peduli lingkungan. Tentunya dengan penghargaan ini membuat SMA Negeri 2 memberikan pendidikan layak dan lingkungan yang nyaman bagi anak didik,” ujarnya.
Mantan kepala SMAN 3 ini mengungkapkap, dengan keberhasilan SMAN 2 meraih SBL tahun 2012, maka menjadi jalan untuk mengikuti penilaian adiwiyata 2012. Namun begitu, yang terpenting adalah bagaimanan SMAN 2 mempertahakan prestasi yang ada dan kalau bisa lebih ditingkatkan sehingga bisa mengikuti penilaian Adiwiyata.
“Sekarang fokus kami adalah menanamkan semangat anak untuk memiliki dan mencintai lingkungan sehat. Sehingga itu kita harus melakukan pembinaan kepada siswa agar siswa bisa membiasakan diri untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” paparnya.
Lebih lanjut, Suroso mengaku merasa beruntung upaya memberikan pelayanan pendidikan layak dan pencerahan aset bangsa mendapatkan suport dari pemerintah dengan penghargaan SBL. Tentunya prestasi SBL ini bisa menjadi motivasi bagi sekolah untuk semakin memberikan kelayakan pendidikan di Kota Cirebon.
”Kami sangat serius untuk menanamkan pendidikan lingkungan hidup kepada siswa sehingga diintegrasikan dalam mata pelajaran Biologi, Geografi, dan PKn,” paparnya.

Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment