CSM Hadir untuk Bersihkan Masjid

 
CIREBON – Daben Sudiyana SE membuat inovasi program peduli masjid Cleaning Service Mosque (CSM). Tidak tanggung-tanggung, langkah yang sudah dilakukan Daben ternyata sudah mencapai 67 masjid. Dari 99 masjid yang direncakan.
Pada Kamis (8/3) Daben bersama krunya CSM terlihat membersihkan masjid Al Kautsar Pemkot Cirebon. Mereka terlihat membersihkan masjid mulai dari menyedot debu hingga menyemprotkan pengharum ruangan utama masjid. Lebih hebatnya lagi gratis tanpa dipungut biaya apa pun.
Daben mengatakan, CSM dilakukan sebagai bentuk keprihatinan mendalam atas kondisi masjid di sekeliling umat Islam kurang terawat. Untuk itu dirinya berinisiatif membuat CSM untuk semua masjid yang ada di wilayah III Cirebon. Bahkan dari program CSM ini sudah 67 masjid yang dibersihkan dari rencana 99 masjid. “Angka 99 ini sebenarnya untuk mengingat asmaul husna yang jumlahnya 99. CSM ini gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun,” katanya.
Selain itu, pria kelahiran Cidahu Kuningan ini terinspirasi hadist Nabi Muhammad SAW, yang mengatakan bangun masjid-masjid untuk dibersihkan dan diberi wangi-wangian. Selain itu juga mengemban amanah Sunan Gunung Jati, ‘Ingsun titip tajug (masjid) lan fakir miskin’. “Jadi sangat jelas pesan Sunan Gunung Jati bahwasannya kita diingatkan untuk tetap dekat dengan masjid. Di antaranya dengan menjaga kebersihan tempat beribadah umat Islam. Terlebih lagi kebersihan juga sebagian dari iman, karenanya hal ini mencerminkan bagi umat islam untuk tidak pernah berhenti menjaga kebersihan lingkungan termasuk masjid,” paparnya.
Pihaknya membuka tangan bagi pengurus DKM yang masjidnya ingin dibersihkan. Bisa langsung mendatangi. Sehingga masjid menjadi bersih dan harum sehingga umat Islam menjadi betah ketika beribadah di dalam masjid. “Sebelum ke sini, tadi membersihkan masjid At Taqwa. Kalau sudah selesai, rencananya tetap akan kami kunjungi lagi sekitar tiga bulan sekali,” pungkasnya
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. wah,gitu dong supaya kita beribadah lebih nyaman ,by admin http://www.jurnaldunia.com

    ReplyDelete