Penumpang Kereta Melonjak 50 Persen

 
KEJAKSAN – Libur panjang kali ini benar-benar dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Dibuktikan dengan lonjakan penumpang kereta api di stasiun Besar Cirebon Kejaksan, yang melonjak 50 persen dibanding hari normal keberangkatan kereta.
Pantauan Radar, Minggu (20/5) memperlihatkan padatnya arus balik di stasiun Besar Cirebon Kejaksan, dari Cirebon menuju Jakarta. Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Sumarsono mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan arus balik penumpang tersebut dengan menambahkan 3 jadwal tambahan kereta api. Yaitu KA kelas Bisnis untuk keberangkatan jam 12.00 WIB, KA Cirebon Ekspress kelas Bisnis dan Eksekutif keberangkatan pukul 17.00 WIB dan KA Argo Jati untuk keberangkatan pukul 21.00 WIB. “Semua itu diupayakan untuk memberikan pelayanan kepada penumpang yang telah menikmati long weekend (libur panjang akhir pekan) di kampung halamannya,” katanya kepada Radar melalui sambungan telepon.
Kepala Stasiun Besar Cirebon Kejaksan, Adi Purwanto mencatat lonjakan penumpang terjadi di hari terakhir long weekend ini. Karena banyak penumpang yang ingin kembali ke tempat mereka bekerja di Jakarta. Dalam perjalanan KA hari biasa, dari Cirebon menuju Jakarta, pihaknya menjalankan 6 jadwal rangkaian KA dengan jumlah rata-rata penumpang 2000 orang. Namun apabila hari Minggu dalam keadaan normal, pihaknya menambahkan satu rangkaian tambahan kereta yang berangkat pukul 18.15 WIB. “Kalau hari biasa ada 6 penjadwalan, namun kalau hari Minggu tiba ada penambahan 1 kereta tambahan,” ungkapnya.
Ia menjelaskan dalam keadaan long weekend kali ini, PT KAI Daop 3 Cirebon melakukan antisipasi dengan menambahkan 3 jadwal tambahan. Dengan tambahan tersebut jumlah penumpang yang menggunakan jasa KA pada arus balik long weekend ini mencapai 3684 penumpang, atau meningkat sekitar 50 % dibandingkan hari normal. “Semua itu bisa dihitung karena penjualan tiket KA sudah habis semua,” terangnya.
Menurutnya, dengan manajemen yang sudah baik dan tertata rapih, kini penumpukan penumpang KA di stasiun sudah tidak terjadi lagi. Dan semua itu berkat sosialisasi pemesanan tiket KA yang bisa dibeli 90 hari sebelum hari keberangkatan.
Pantauan di Stasiun Cirebon Prujakan juga mengalami peningkatan terutama untuk KA kelas Ekonomi tujuan Jakarta. Kepala Stasiun Cirebon Prujakan, Asmana mengatakan, lonjakan tersebut terjadi karena masa liburan long weekend yang sudah berakhir, dan para pemudik harus segera kembali ke tempat mereka mencari nafkah. “Kalau untuk KA Ekonomi, penumpang selalu penuh baik itu hari biasa ataupun weekend seperti ini, jadi antisipasinya kami menghimbau kepada penumpang agar membeli tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan,” katanya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment