Puluhan E-KTP Rusak


Dikembalikan ke Pusat untuk Dicetak Ulang
SUMBER – Kecamatan Sumber menjadi percontohan kecamatan lain dalam pendistribusian E-KTP.
Distribusi E-KTP kepada warga dibuat secara terjadwal. Tahapan pertama kelurahan Sumber dan Tukmudal.
Camat Sumber, Ai Nurhasan menyatakan, target E-KTP Kecamatan Sumber 53.000 dan warga yang sudah melakukan pendataan 49.000. “E-KTP yang sudah diterima 18.000. Sedangkan yang sudah didistribusikan ke warga sekitar 800 E-KTP,” ujarnya kepada Radar, kemarin (19/7).
Sementara itu, dari sekitar 800 E-KTP yang sudah didistribusikan sebanyak 20 E-KTP rusak dan 30 E-KTP tidak sesuai dengan data. Ketidaksesuaian data tersebut, menurut Camat Ai Nurhasan terjadi pada nama yang salah, termasuk kurang huruf dan kesalahan jenis kelamin.
“Yang rusak dan data tidak sesuai kita kembalikan lagi ke pusat,” tegasnya.
Dijelaskan, proses pendistribusian E-KTP di Kecamatan Sumber sudah berlangsung selama tiga minggu. Minggu pertama kelurahan Tukmudal, minggu kedua kelurahan Sumber dan minggu ketiga Tukmudal. “Dalam satu minggu disebar sekitar 500 undangan. Tingkat partisipasi warga yang dating sekitar 400. Per hari undangan yang diedarkan untuk warga sebanyak 100 undangan. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi antrian saat pengambilan E-KTP,” terangnya.
Menurut dia, tingkat partisipasi tersebut sudah cukup baik. Hasan mengimbau kepada masyarakat agar datang dengan tertib sesuai jadwal undangan. Dua minggu pertama proses pendistribusian E-KTP merupakan bahan evaluasi dalam memberikan pola pelayanan dan sistem administrasi.
Sementara itu, salah seorang penerima E-KTP, Usro SSi mengungkapkan E-KTP merupakan program yang bagus. Sebab dengan begitu setiap warga terdata dengan lengkap dalam KTP yang dimiliki. Mengenai proses yang relatif panjang, Usro memaklumi hal tersebut.
“Soal waktu harus bolak balik pendataan dan pengambilan wajar. Hanya saja pendataan bareng sekeluarga, tetapi yang sudah jadi baru saya saja,” tuturnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment