Gempa Goyang Cirebon Timur

Berpusat di Tenggara Kota Cirebon
 ASTANAJAPURA – Gempa 2,6 scala ritcher mengguncang Wilayah Timur Cirebon (WTC), tadi malam (21/8). Sekitar pukul 19.18 WIB, gempa yang bersumber di 6,81 Lintang Selatan (LS) dan 108,57 Bujur Timur (BT) dirasakan cukup mengguncang di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. “Saya merasa heran tiba-tiba ada guncangan keras di tembok rumah. Kebetulan saya sedang duduk-duduk di teras rumah dan guncangannya cukup besar,” tutur Buldan Fauzi, warga Desa Mertapada Wetan kepada Radar.
Dia menambahkan, guncangan keras tidak berlangsung lama. “Paling-paling ada 10-15 detik saja bisa saya rasakan. Kami semua berhamburan keluar rumah untuk memastikan gempa atau hanya kepala saya yang pusing. Ternyata benar, ada gempa. Warga yang lain juga pada keluar rumah untuk memastikannya,” tambahnya.
Sementara itu, Suparman, Kepala Desa Mertapada Wetan membenarkan bahwa gempa terjadi seusai salat Isya. Namun, Suparman memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi karena gempa tersebut. “Kalau bahasa sininya, gempa itu dinamakan dengan ‘Lini’. Tidak besar, cuman goncangan yang dirasakan sebentar. Dari penelusuran aparat desa, tidak ada yang rusak baik rumah maupun bangunan,” ungkapnya.
Ketika dihubungi, Kepala Badan Meterodologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Jatiwangi Majalengka, Effendi menegaskan, gempa tersebut memang terjadi dan masuk dalam kategori vulkanik. “Pusat gempa berada di darat 6 kilometer Tenggara Kota Cirebon dengan kedalaman 10 kilometer di atas permukaan laut. Gempa ini tidak menimbulkan tsunami,” terangnya.
Effendi mengimbau untuk tetap waspada di daerah dekat pantai. “Bisa saja ada gempa susulan, mengingat iklim saat ini sedang terjadi proses pencairan di kutub utara, sehingga dikhawatirkan ada pergeseran kerak bumi di bawah air laut,” terangnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment