Pedagang Pasar Kritisi Giant


HARJAMUKTI – Pusat perbelanjaan Giant yang hendak buka di eks Rajawali Trade Centre (RTC) Mall dipersoalkan pedagang pasar. Tiga Ikatan Pedagang Pasar di antaranya IPP Jagasatru, IPP Drajat, dan IPP Perumnas, menyatakan penolakan terhadap keberadaan pusat perbelanjaan itu.
Ketua IPP Drajat, Damiri SE sangat menyesalkan keberadaan Giant di eks RTC Mall. IPP sedang gencar melakukan proteksi terhadap pedagang tradisional, seperti PKL dan pedagang pasar. Sayangnya, langkah proteksi tersebut tidak diiringi proteksi dari pemkot yang justru meloloskan pusat perbelanjaan Giant. “Yang jelas keberadaan Giant di eks RTC sangat kita sesalkan. Kita sedang gencar melakukan proteksi pedagang, tapi ini malah dengan mudahnya muncul,” jelasnya kepada Radar, kemarin (22/10).
Pusat perbelanjaan Giant, kata dia, sudah berada di By Pass. Bila kembali hadir di daerah Perumnas, keberadaan pedagang bisa jadi terancam. “Giant kan sudah ada, apa masih belum cukup? Sampai saat ini pemerintah kota seolah tutup mata terhadap masalah ini,” tuturnya.
Secara prosedural, ketiga IPP tersebut sudah mengirimkan surat kepada wali kota. Tentang ketidaksetujuan terhadap keberadaan pusat perbelanjaan Giant. “Kalau kemudian tidak ada tindak lanjut dari pemkot, tidak menutup kemungkinan kalau kami akan mengambil tindakan lain,” lanjutnya.
Kepala Disperindagkop UMKM, Firdaus Tambunan, belum mau berkomentar banyak tentang keberadaan supermarket Giant di eks RTC. Dia hanya mengatakan, untuk urusan perizinan dan lainnya ada di BPMPPT. “Kalau izin sudah diurus seperti bangunan, HO, dan lainnya di BPMPPT, baru ke kami. Hingga saat ini kami belum dapat tembusan perizinan,” ujarnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment