Andri Gunawan, “Bellboy” dan Tari Topeng

TIGA buah patung penari topeng yang berdiri di jalan lingkar Kebumen Kota Cirebon, menjadi salah satu inspirasi dan dorongan kuat bagi Andri Gunawan (19 tahun) untuk ikut melestarikan seni tari topeng khas Cirebon. Tepatnya tujuh tahun silam, saat Andri diterima menjadi murid di SMPN 16 Cirebon, dorongan itu datang.
Ketiga patung tersebut memang berdiri di depan sekolahnya. Dalam benaknya, tari topeng tidak boleh hanya menjadi ikon kota budaya saja layaknya patung itu. Namun, tari topeng seyogyanya menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan kehidupan masyarakat Cirebon.
Walaupun ia galau, apakah pantas seorang laki-laki menjadi penari topeng? Namun karena dorongan tersebut semakin kuat, ia lalu memilih untuk bergabung di salah satu ekstrakurikuler di sekolahnya khusus belajar menekuni seni tari topeng. Hingga kini saat usianya memasuki 19 tahun, seni topeng Cirebon telah melekat pada dirinya, bahkan di sela-sela kesibukannya sebagai bellboy Bentani Hotel Cirebon, ia sempatkan mengajar tari topeng di beberapa sekolah yang ada di Cirebon.
Di tempat kerjanya, ia pun kerap tampil khususnya di depan para wisatawan mancanegara yang tengah singgah dan istirahat di hotel dimana ia bekerja selama dua tahun. Seperti yang ia lakukan, Jumat (18/5) malam, tampil di depan 21 para wisatawan asal Belanda dan Amerika.
Penampilan Andri cukup mendapat apresiasi dari para bule. Bahkan beberapa wisawatan ikut menari dan memintanya untuk foto bersama layaknya selebriti. “Saya bangga bisa menghibur para wisawatan, sekaligus memperkenalkan seni tari topeng khas Cirebon,” ujar Andri kepada CNC, usai dirinya tampil Jumat (18/5) malam. “Ini penampilan saya yang keempat kalinya menghibur para tamu. Malam ini saya bawakan tari topeng Kelana,” lanjut pria alumni SMKN 2 Cirebon.
Andri sangat menyukai tarian jenis Kelana. Tarian ini ia selalu bawakan saat diminta tampil. “Dengan topeng warna merah mewakili karakter angkuh berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Saya berharap para generasi muda Cirebon mau melestarikan dan mengembangkan tari topeng,” pungkas Andri, yang tercatat sebagai warga Desa Klayan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment