Polda Siap Amankan Natal dan Tahun Baru





BERI PENGARAHAN. Kapolda Jabar Brigjen (Pol) Drs H Tubagus Anis Angkawijaya MSi, usai membuka acara pembinaan teknis antisipasi terorisme dan aksi anarkisme di Ball Room Apita Hotel, Selasa (18/12) pagi.
KEDAWUNG- Menjelang hari raya Natal dan datangnya Tahun Baru 2013, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat siap menggelar pasukan Operasi  Lilin Lodaya 2012. Sebanyak 27 ribu personel polisi akan disebar di sejumlah titik rawan gangguan kamtibmas dan aksi kriminalitas.
Selain difokuskan untuk mengamankan tempat– tempat ibadah, operasi tersebut juga akan melakukan pengamanan di sejumlah lokasi pariwisata, serta keramaian lainnya. “Titik rawan kriminalitas akan diantisipasi dengan menyebarkan pasukan polisi sebanyak-banyaknya di lapangan,” ujar Kapolda Jabar Brigjen (Pol) Drs H Tubagus Anis Angkawijaya MSi, saat membuka acara pembinaan teknis antisipasi terorisme dan aksi anarkisme di Ball Room Apita Hotel, Selasa (18/12) pagi.
Mengenai akan adanya pesta kembang api, guna menyambut pergantian tahun, jenderal kelahiran Banten ini mengatakan, memperbolehkan adanya pesta kembang api asal jangan menimbulkan ledakan yang besar. ”Kembang api itu merupakan tradisi dan merupakan daya tarik.  Untuk pengamanannya akan kami pantau,” katanya.
Ia berharap, pada pelaksanaan hari raya Natal nanti, ancaman gangguan keamanan atau aksi teror jangan sampai terjadi di Jawa Barat. Kapolda juga meminta agar masyarakat tetap menjaga keamanan dan kenyamanan pada penyambutan musim Natal dan Tahun Baru. “Kami harap masyarakat tetap memelihara sikap toleransi, sehingga keamanan dan kenyamanan bisa tetap terpelihara. Kota dan Kabupaten Cirebon hingga saat ini dinilai masih rawan aksi terorisme,” kata Tubagus.
Saat ditanya soal waktu pelaksanaan Pilgub Jabar yang bersamaan dengan pilkada di beberapa kota/kabupaten, menurutnya, Polda Jabar memprioritaskan pengamanan dalam masa kampanye di beberapa kabupaten yang pelaksanaannya pilkada-nya bersamaan dengan Pilgub Jabar, yakni Kota Cirebon, Sukabumi dan Sumedang.
Sementara itu ditempat terpisah, sedikitnya 452 personel Polres Cirebon Kota siap diterjunkan ke tempat-tempat stategis dan objek vital saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2013 mendatang. Selain jajaran polres, sejumlah istansi terkait pun dilibatkan, seperti Brimob Polda Jabar, Polair Polda Jabar, TNI, Dishub dan Sat Pol PP.
“Tidak hanya polres dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, tapi beberapa instansi juga kami libatkan. Dengan melibatkan instansi lain, jadi total keseluruhan personel di Kota Cirebon yang akan diturunkan sebanyak 747 personel,” ujar Kapolres Cirebon Kota, AKBP Dani Kustoni SH SIK MHum melalui Kabag Ops Kompol Wawan Sumantri, kepada Radar Cirebon saat ditemui di Mapolres Cirebon Kota, Selasa (18/12).
Dari seluruh personel tersebut, kata Wawan, akan di-Pospam-kan di lima titik, yakni dalam kota (pusat perbelanjaan, red), Tangkil, Kalijaga, Kanggraksan dan BAT, mulai tanggal 22 Desembar 2012 pukul 00.00 hingga datangnya Tahun Baru.
“Itu yang menjadi target oprasi utama kami, terutama dalam menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru dari kejahatan komunal. Kami tidak mau kecolongan, oleh karena itu kami akan melakukan sterilisasi di setiap tempat ibadah umat Kristiani. Selain itu, untuk melancarkan arus lalu lintas di dalam kota, sebanyak 104 petugas Sat Lantas Polres Cirebon Kota dikerahkan,” jelasnya.

Jangan Asal Copy Lihat aturan Disini 
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment