Boboko Cipanas Cirebon Rambah Pasar Jawa

bisnis-jabar.com/Maman Abdulrahman
CIREBON –Produk kerajinan boboko warga Blok Pager Gunung Desa Cipanas, Dukupuntang Kabupaten Cirebon telah lama menembus pasar-pasar di wilayah Jawa dan Jakarta.
Boboko adalah produk kerajinan yang terbuat dari anyaman bambu (bambu tali) yang biasa digunakan untuk tempat cucian, atau tempat beras.
Salah satu perajin boboko di Rt. 3 Rw. 1 Desa Cipanas, Dukupuntang, Kabupaten Cirebon Dargo (43) mengatakan hampir seluruh warga di Blok Pager Gunung Desa Cipanas berprofesi sebagai perajin boboko.
Dirinya menuturkan hasil kerajinan boboko dari wilayah tersebut biasanya dibeli oleh pengepul untuk dipasarkan di wilayah Jawa (Jogja, Semarang dan Surabaya) dan Jakarta.
“Para perajin ada juga yang memasarkan hasil kerajinannya di sejumlah pasar lokal [Cirebon dan Majalengka],” katanya, Minggu (9/2/2013).
Dargo menuturkan para perajin menjual boboko kepada pengepul seharga Rp10.000 per buah dan biasanya pengepul datang tiap seminggu sekali.
“Pada proses pembuatannya, biasanya seluruh anggota keluarga [anak dan istri] dilibatkan dalam pembuatan boboko,” ujarnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment