Flu Burung Mewabah di Cirebon

Cirebon - Wabah flu burung belakangan ini merebak di Cirebon, Jawa Barat. Untuk mencegah penyebaran wabah ini para ternak terpaksa memisahkan ribuan ekor ayam dan puyuh. Sebagian besar peternakan unggas di Cirebon, kini dalam kondisi kosong. Rata-rata mereka memusnahkan ayam atau puyuh saat sudah ada hasil uji laboratorium yang menyatakan ternaknya terkena flu burung awal Februari lalu.
Dari 200 peternak unggas Mandiri yang ada di wilayah 3 Cirebon saat ini hingga 10 persen saja yang masih bertahan. Sementara sebagian besar peternak sudah mengosongkan kadang mereka untuk menghindari penyebaran.
Sementara kandang yang kosong masih harus diseterilkan untuk memastikan tidak ada virus yang menempel di kandang. Baru terungkapnya penyebaran flu burung di Cirebon sejak awal Januari 2005 lalu, menurut Ketua Perhimpunan Peternak Unggas Indonesia Ali Abu Bakar, bukan karena ditutup tutupi peternak.
Menurut Ali, begitu dinyatakan positif terkena wabah flu burung langsung memusnahkan 10 ribu ternak puyuhnya. Namun hingga kini ia mengaku sama sekali belum mendapat penjelasan soal ganti rugi dari pemerintah.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment