Petugas TPS Kompak Pakai Baju Adat

KEJAKSAN – Petugas di Tempat Pemilihan Suara (TPS) RT 01 RW 11 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, memilih memakai pakaian adat khas Cirebon saat bertugas, Minggu (24/2).
Menurut Ketua Panitia TPS RT 01 RW 11 Kelurahan Kesenden, Sudrajat, dalam setiap kegiatan pemilihan umum (pemilu), panitia di sana memang selalu mengenakan pakaian adat.
Dia menegaskan selain menjadi satu kebiasaan, memakai pakaian adat saat pemilu merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya khas Cirebon. “Ini bagian dari melestarikan budaya Cirebon. Agar budaya Cirebon yang beraneka ragam itu tidak punah dan tergerus zaman,” ujarnya.
Warga pun menyambut positif pilihan pakaian adat yang dipakai panitia TPS. Salah satu warga, Ridwan (32) mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi gaya berpakaian panitia yang mengenakan pakaian adat khas Cirebon. Sebab budaya Cirebon harus tetap lestari dengan berbagai cara. Mengenakan pakaian khas Cirebon, lanjut dia, terasa kental nuansa pilwakot di TPS tersebut. “Lebih rapi dan terkesan membudaya. Saya bangga akan hal itu,” ucapnya.
Ketua LPM Kelurahan Kesenden, Rustaji menambahkan, selama ini petugas TPS selalu berupaya untuk menggunakan berbagai cara dalam menjaga dan melestarikan budaya Cirebon. Masyarakat di Kelurahan Kesenden dan sekitarnya terus berupaya melestarikan berbagai budaya di Cirebon.
Rustaji berharap panitia TPS di wilayah Kota Cirebon lainnya, bisa kreatif menjaga dan melestarikan budaya Cirebon. Jika itu terjadi, akan menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Cirebon. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan ditiru dan menjadi percontohan dalam skala nasional.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment