Polres Cirebon Kota Akan Mencari Markas Baru

POLRES CirebonKepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memberikan kewenangan pada Polres Cirebon Kota untuk mencari markas baru. Hal tersebut mengingat bergabungnya empat polsek, dan tidak adanya lahan parkir untuk Polres Cirebon Kota.
Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karorena) Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar), Kombes (Pol) Djoko Pontjo menuturkan, Kapolda Jabar pernah membahas kondisi tersebut. Pihaknya menyadari dan mempersilakan Polres Cirebon Kota untuk mencari lahan parkir baru, atau bahkan sekaligus markas baru.

“Beberapa waktu lalu, Kapolda memang pernah membahas masalah tiadanya lahan parkir. Dan beliau mempersilakan apabila markas Polres pindah lokasi,” kata Djoko usai peresmian perluasan empat polsek di Polres Cirebon Kota, Senin (28/1).
Kebijakan itu sebagai persiapan atas wacana pembentukan Kota Cirebon, sebagai Kota Metropolis di Provinsi Jawa Barat. Bukan hanya diberikan kewenangan untuk pindah Polres, tapi diperbolehkan untuk membuat satu polsek di tiap Kecamatan di wilayahnya.
“Selama ini, Polres Cirebon memiliki dua polsek di lima kecamatan. Ke depan, kami mengizinkan untuk pembuatan satu polsek di tiap kecamatan. Polsek Kapetakan akan dipecah menjadi dua polsek. Nantinya akan ada 10 polsek di wilayah Polres Cirebon Kota. Dan apabila sudah jadi semuanya, namanya akan berubah menjadi Polresta Cirebon, bukan lagi Polres Cirebon Kota,” tambahnya.
Bukan hanya pergantian nama, Djoko menjelaskan pergantian status rural akan naik tingkat menjadi urban. Kebijakan itu untuk tiga polsek, kecuali Kapetakan. Pangkat Kapolsek pun bukan lagi AKP, namun berubah menjadi Kompol. Sedangkan, Kapolresta Cirebon akan berpangkat Komisaris Besar (Kombes).
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment