Membangun Jiwa Entrepreneur melalui Membaca


Budaya membaca di masyarakat kita masih tergolong rendah bahkan masih belum menjadi ranah yang belum begitu  penting bagi sebagian besar masyarakat kita.  Hal itu dikatakan Staf Ahli Walikota Cirebon Bidang Ekonomi & Pembangunan Drs. Atang Hasan M.Si. membuka secara resmi  Festival Buku Cirebon 2013 di Gedung ICC  Komplek IAIN Cirebon  Rabu, (3/4).
Pada Kesempatan tersebut, Drs. Atang Hasan, M.Si. membacakan sambutan tertulis Walikota Cirebon Subardi, S.Pd. mengatakan atas nama Pemerintah Kota Cirebon menyambut baik & sangat apresiatif atas pelaksanaan Festival buku Cirebon 2013 yang diselenggarakan IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Ikatan Penerbit Indonesia  ( IKAPI).
         Drs. Atang Hasan, M.Si berharap ajang kegiatan ini sebagai solusi Strategis meningkatnya minat, budaya baca masyarakat khususnya di Kota Cirebon, dalam upaya menciptakan insan-insan entrepeneurship yang tangguh sehingga mengakselerasi proses pembangunan ekonomi di Kota Cirebon ke depan ujarnya.
             Ketua Panitia Pekan Raya Akademik dan Festival Buku 2013 Drs. H. Abdul Raup mengatakan ada dua hal yang hendak dikuatkan yaitu minat baca / jiwa pembelajar & kemandirian masyarakat dari sudut idealisme, sehingga  even ini diharapkan menjadi bagian yang berkontribusi terhadap upaya memajukan Negeri ini. Secara praktis, even ini diharapkan mampu menyadarkan betapa pentingnya meningkatkan minat baca dan membangun jiwa entrepreneur dikalangan masyarakat, khususnya di dunia pendidikan. Kegiatan ini  terselenggara bekerjasama sinergis antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Ikatan Penerbit Indonesia ( IKAPI) Jawa Barat (Jabar). Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 3-9 April 2013, yang diikuti peserta sebanyak 48 Stan Penerbit dan distributor Stan Akademik.
               Lebih jauh dikatakanya even ini, menjadi even awal sekaligus  dari berbagai kegiatan yang akan terus dilakukan oleh kedua belah pihak sebagaimana dikuatkan oleh MoU yang telah disepakati sesuai dengan kepentingan dan profesionalisme masing –masing.
                Rektor  IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Prof. Dr. H. Maksum, MA. mengatakan salah satu upaya umat manusia untuk menuju zaman yang lebih baik tersebut  tiada lain adalah dengan membaca. Betapa pentingnya kegiatan membaca hingga Allah menurunkan ayat pertama Al Qur’an dengan “ Iqro” yang artinya “ Bacalah “. Membaca juga seyogyanya menjadi sebuah kebiasaan yang mendarah daging dalam kehidupan Akademik diperguruan tinggi bahkan kehidupan masyarakat yang beradab.
                Kota Cirebon dikenal sebagai kota Wali yang menunjukan bahwa masyarakat Kota Cirebon sangat memahami makna “ Iqro “ dan melaksanakan kegiatan membaca sebagai sebuah kebutuhan yang bersifat primer.   Prof. Dr. H. Maksum, MA. Juga  Menambahkan kegiatan membaca bukan lah akhir  dari sebuah kegiatan akademik, kegiatan berikutnya adalah menulis. Denagan menulis, maka pengetahuan yang kita miliki tidak akan hanya diketahui oleh kita, tetapi bisa diketahui juga oleh masyarakat luas, dan akhirnya akan memperkaya khasanah dan wawasan bagi pembacanya.
                Ditempat yang sama Ketua IKAPI JABAR  Drs. H. Anwaruddin mengatakan IKAPI sebagai Wadah profesinalisme dalam bidang penerbitan buku akan terus berkiprah bersama anggotanya melaksanakan amanat Undang-undang Dasar( UUD) Republik Indonesia  yaitu  “mencerdaskan Bangsa “  dengan menerbitkan berbagai  buku. Menurutnya buku masih tetap strategis sebagai saran untuk mentarnfer ilmu pengetahuan kepada pembacanya.
                Upaya mendekatkan buku kepada para pembaca, salah satunya dengan melaksanakan pameran , diantaranya festival Buku Cirebon yang merupakan salah satu program kerja sama IKAPI Jabar dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Nampak hadir :  Rektor Untag Cirebon, Dinas Pendidkan Kota Cirebon, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, seluruh Civitas IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
HUMAS KOTA CIREBON
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment