Indonesia vs Belanda, Garuda Pantang Minder


timnas
JAKARTA – Meladeni Timnas Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, malam ini, adalah kesempatan langka bagi pasukan Merah Putih (siaran langsung RCTI pukul 20.00 WIB). Tidak usah muluk-muluk bicara target. Oranje -julukan Timnas Belanda- kini bertengger di peringkat kelima dunia. Indonesia harus puas tertahan di peringkat ke-170.
Pelatih Timnas Jacksen F Tiago menegaskan, timnya siap memberikan yang terbaik. Dia menilai para pemain timnas menunjukkan progres yang bagus. “Pemain menunjukkan perkembangan bagus di komunikasi. Saya yakin pemain akan memberikan yang terbaik,” ucapnya.
Jacksen mengakui Belanda berada di level yang jauh dari timnas. Meski begitu, dia memastikan tak akan hanya memainkan strategi bertahan. “Kami juga ingin menyerang. Kami tidak ingin pemain mudah kehilangan bola,” ujar pelatih asal Brasil tersebut.
Jacksen berdiskusi secara matang dengan dua pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo dan Sergio van Dijk. Dari hasil diskusi itu, Jacksen menerapkan strategi khusus dalam latihan tadi malam. Tidak seperti biasanya, sesi latihan timnas tadi malam berlangsung tertutup. Media hanya diperkenankan meliput selama 15 menit awal. “Pemain tidak ada kendala. Untuk strategi, kami sudah punya rencana,” tutur Jacksen dalam jumpa pers.
Melihat latihan-latihan sebelumnya, timnas sepertinya bakal memainkan pola 4-2-3-1. Van Dijk menjadi striker tunggal. Pola itu bisa berubah menjadi 4-3-3. “Pemain harus disiplin dan fokus untuk bisa terus memberikan tekanan saat pemain Belanda mengusai bola,” tegas Jacksen.
Di sisi lain, pelatih Belanda Louis van Gaal menegaskan tidak akan meremehkan Indonesia. Meski banyak membawa pemain muda, Van Gaal menyatakan bahwa Timnas Belanda sekarang adalah yang terbaik yang disiapkannya untuk ke depan. Karena itu, mereka akan bermain serius dengan standar tinggi.
Pelatih 61 tahun tersebut berencana menurunkan pasukan terbaik. Termasuk bintang asal klub Bayern Munchen Arjen Robben yang dikabarkan tengah dalam kondisi tidak fit. “Besok (hari ini, red) adalah laga penting. Kami akan siapkan skuad terbaik, termasuk memainkan Robben,” tegas Van Gaal.
Van Gaal memuji animo dan atmosfir suporter selama di Jakarta. Karena itu, dia ingin membalas dukungan yang luar bisa itu dengan permainan dan tim terbaik untuk memuaskan penonton. “Suasana di sini sangat luar biasa. Dukungan suporter juga luar biasa,” cetusnya.
Van Gaal bungkam terkait dengan susunan pemain dan strategi yang akan dipakai timnya. “Besok adalah besok. Ini adalah pertandingan profesional. Saya tidak akan menyebutkan siapa kapten dan susunan pemain,” tutur mantan pelatih Barcelona itu.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment