Workshop Pemanfaatan Geschool.net di SMPN 6 Cirebon Sebagai Sarana Pembelajaran


Cirebon - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia di lingkungan SMPN 6 Cirebon, maka SMPN 6 Cirebon mengelar Workshop Pemanfaatan Geschool.net Sebagai Sarana Pembelajaran di adakan di lingkungan SMPN 6 Cirebon.

Workshop ini merupakan program rutin sekolah IHT (In Hose Training) yang dilaksanakan dengan target sasaran guru-guru SMP Negeri 6 Cirebon setelah sebelumnya dilakukan workshop serupa yang di peruntukan bagi siswa-siswi SMP Negeri 6 Cirebon, terlebih khusus bagi siswa –siswi baru tahun ajaran 2013 – 2014.

Dalam kegiatan workshop kali ini tercatat 32 peserta yang hadir memenuhi undangan dan mengikuti jalannya workshop dari total undangan 48 peserta (guru). Workshop terasa semakin ceria manakala hadir sponsor ISOCUP yang membagikan sampel prodaknya berupa minuman dingin penambah stamina, sehingga peserta workshop kembali segar dan ceria dalam mengikuti jalannya workshop.

Adapun sebagai Nara Sumber dalam hal ini Bapak Said Anwar yang merupakan salah satu guru TIK di SMP Negeri 6 yang juga tergabung dalam kepengurusan Geschool Officer Kota Cirebon menyampaikan beberapa materi  sebagai berikut :

  1. Presentasi Motivasi dan pengenalan Geschool
  2. Belajar LogIn dan LogOut
  3. Menjalin pertemanan (meminta dan mengkonfirmasi pertemanan)
  4. Menyampaikan informasi via  Pesan atau Chat room
  5. Mengenal  Gebook
  6. Mengenal  Getube
  7. Mencoba Getop
  8. Membuat  bahan Getop dengan  Ms. Word (minimal 10 soal)
  9. Meng Upload Getop
  10. Mencoba Getop karya sendiri
  11. Mengenal Geroom
  12. Membuat Quiz (soal esay online) minimal 1 soal.
  13. Menilai jawaban quiz
  14. Menulis artikel di Blog
Setiap peserta workshop di fasilitasi dengan ID dan Password Akun Geschool yang telah dibuatkan sebelumnya beserta Modul Workshop yang merupakan tutorial membuat dan menggunakan getop.

Di awal pembukan workshop nara sumber (Said Anwar) menyampaikan keprihatinnannya terhadap maraknya penggunaan media jejaring sosial yang dipergunakan oleh guru dan siswa yang sama sekali jauh dari norma-norma dunia pendidikan, untuk selanjutnya memperkenalkan dan merekomendasikan situs jejaring sosial berbasis edukasi yang lebih aman, lebih inovatif, santun, mendidik dan mencerdaskan, yakni www.geschool.net

Workshop yang di mulai pada pukul 09.30 wib. itupun akhirnya selesai pada pukul 15.30, peserta pun meninggalakan ruangan workshop dengan terlebih dahulu menerima piagam penghargaan sebagai peserta workshop. Semoga workshop kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi guru-guru khususnya guru SMP Negeri 6 Kota Cirebon dan dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan dan sumberdaya manusia pendidikan dilingkungan SMP Negeri 6 Kota Cirebon.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment