TEMPAT BERIBADAH KOTA CIREBON


Sarana tempat ibadah merupakan hal penting yang harus didahulukan di Pemerintah Kota Cirebon baik tempat ibadah utama yang harus ada disetiap kecamatan dan kelurahan maupun tempat ibadah sekunder yang tersebar diseluruh kota diantaranya berupa langgar-langgar maupun tempat pengajian.

MASJID AGUNG AT-TAQWA
Jl. Kartini
Masjid utama kota Cirebon terletak di alun-alun kejaksan yang berada di jalan kartini. Masjid At Taqwa, itulah nama masjid utama kota Cirebon yang menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi pemerintah kota Cirebon.  Beberapa kegiatan sering dilakukan dimasjid ini dari mulai pengajian umum hingga pelatihan dan seminar bagi generasi muda kota Cirebon

MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA
Kompl Kesepuhan RT: 01/01 Cirebon
Telepon: 232-138
Masjid Agung “Sang Cipta Rasa” terletak disebuah barat alun-alun Kasepuhan. Masjid ini dibangun pada tanggal 1480 dan merupakan masjid tertua di Cirebon. Masjid ini dinamakan Masjid Agung “Sang Cipta Rasa”, Sang berarti Keagungan , Cipta artinya dibangun dan Rasa artinya digunakan. Untuk memasuki bagian-bagian dalam masjid terdapat sembilan pintu yang melambangkan Wali Sanga, didalamnya terdapat empat tiang yang disebut Soko Guru, serta disebelah tenggara terdapat satu buah tiang yang dibuat dari potongan kayu yang disebut Soko Tatal yang konon dibuat oleh Sunan Kalijaga. Pada bagian Mihrab terdapat ukiran yang menempel berbentuk bunga teratai yang juga dibuat oleh Sunan Kalijaga, sedangkan 3 buah ubin yang diberi tanda khusus merupakan simbol ajaran Islam yakni Iman, Islam dan Ihsan yang menurut tradisi ubin tersebut dipasng oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga pada saat mendirikannya.

MASJID AL-KAUTSAR
Jl. Kantor 84 Cirebon
Telepon: 0231-206011
Masjid ini terletak di sekretariat balaikota Cirebon


MASJID MERAH PANJUNAN
Jl. Kolektoran Kelurahan Panjunan
Kecamatan Lemahwungkuk
Pada tahun 1480 M Pangeran Panjunan membangun surau yang kemudian dikenal dengan nama Mesjid Merah Panjunan. Surau ini dibangun 18 tahun sebelum pembangunan Mesjid Agung Sang Cipta Rasa. Dengan demikian, surau ini merupakan tempat ibadat umat Islam kedua di Cirebon (yang pertama adalah Mesjid Pejlagrahan di Kampung Sitimulya). Dikenal dengan nama itu karena dinding mesjid ini dibangun dari susunan bata merah ekspose, sementara nama Panjunan menunjuk pada nama kampung dimana mesjid ini berada.

MASJID AR ROHMAN
Jl. Evakuasi BI A/1 Cirebon
Telepon: 487-858



PURA AGUNG JATI PERMANA
Jl. Bali No. 4 Merbabu Asih Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.




KLENTENG YAYASAN MAJELIS AGAMA KHONGHUCU INDONESIA
Jl. Talang Sebelah BAT Kota Cirebon.



VIHARA DEWI WELAS ASIH
Dekat Pelabuhan I Jl. Kantor No. 2 Kota Cirebon, didirikan 1595 M.




GEREJA PASUNDAN
Jl. Yos sudarso No. 10 Telp 0231-207081 Cirebon
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment