Disdik Tak Punya Cadangan Soal

 
Hari Ini, UN SMP Serentak Digelar
INFORMASI CIREBON - SUMBER – Hari ini (Senin, 23/4), sebanyak 24.742 siswa setingkat SMP melaksanakan ujian nasional (UN). Sementara, naskah soal ujian nasional (UN) dan lembar jawaban komputer (LJK) sudah didistribusikan ke seluruh sub rayon di Kabupaten Cirebon, Minggu (22/4).
Kepala Seksi Kurikulum Bidang Prasekolah Pendidikan Dasar Nasional (Prasekdiksarnas) Disdik Kabupaten Cirebon, Novi Komalasari SSTP MPd menjamin soal maupun jawaban UN tidak akan bocor. Karena, pengamanan begitu ketat dan dibuat sedemikian rupa agar soal UN tidak tersentuh sebelum sampai ke tangan peserta. Ia mengharapkan agar peserta UN dapat percaya diri dan mempersiapkan mental dan kesehatan. Naskah soal dan jawaban UN sudah didistribusikan kedelapan titik sub rayon SMP dan 12 MTs. “Titik penyimpanan naskah soal setelah dibongkar di Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, sudah berpindah ke masing-masing sub rayon,” ujarnya kepada Radar di kantornya saat pengambilan soal dan LJK UN dari seluruh sub rayon, kemarin (22/4).


Menurutnya, sekecil apa pun kecurangan dalam mengerjakan dan menjawab soal-soal UN maka akan diusut sampai tuntas melalui aspek pidana dan aspek lainnya. Hal itu, lanjut Novi, menunjukkan sikap tegas Disdik dalam mengawasi dan mengatur jalannya UN. Meskipun demikian, ia tidak mengharapkan kebocoran jawaban yang biasanya dikirimkan melalui pesan pendek elektronik (SMS). “SMS itu hanya dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hiraukan saja, tetap fokus dan percaya diri,” pesan alumni IPDN tahun 2003 ini.
Novi menerangkan, 24.742 siswa setingkat SMP yang mengikuti UN, berasal dari 141 sekolah SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Cirebon. Pihaknya, akan menggelar UN mulai tanggal 23-26 April. Sementara, untuk UN susulan bagi yang sakit dilaksanakan tanggal 30 April sampai 4 Mei 2012. Novi mengingatkan, jika ada kekurangan naskah soal atau LJK UN, sub rayon harus segera melaporkannya ke Disdik untuk meminta solusi kepada panitia UN tingkat provinsi. Karena, lanjutnya, di Disdik Kabupaten Cirebon tidak ada LJK dan naskah soal UN cadangan.
Sementara itu, Kepala Bidang Prasekdiksarnas Disdik, Drs H Athoillah mengatakan, seluruh peserta UN harus menjaga kesehatan lahir dan batin. Karena, dua hal itu menjadi faktor penting lainnya selain belajar dan berdoa dalam mengerjakan UN. Athoillah menyarankan, para peserta UN jangan terjebak dengan jawaban soal UN yang sengaja disebar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cukup sekian ya tentang Disdik Tak Punya Cadangan Soal

Jangan Asal Copy lihat aturan Disini
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment