IMLEK: Warga Tionghoa di Cirebon Bersiap

CIREBON –Perayaan tahun baru China, Imlek merupakan momentum spesial bagi masyarakat Tionghoa dan tidak terkecuali mereka yang ada di Kota Cirebon Jawa Barat. Aneka hiasan khas Imlek sudah mulai dipasang di sejumlah tempat milik masyarakat Tionghoa seperti rumah ibadah, pertokoan ataupun pusat perbelanjaan yang ada di Kota Cirebon menjeleng perayaan Imlek pada Minggu (10/2/2013) nanti.
Salah satu petugas Wihara Dewi Welas Asih di Kota Cirebon Pow Liong Sin mengatakan persiapan perayaan Imlek di rumah ibadah sudah dilakukan sejak beberapa minggu lalu.
Dirinya menuturkan salah satu yang memerlukan persiapan cukup lama adalah membuat lilin besar (lilin sin cha) yang selalu ada setiap perayaan Imlek.
“Terkadang untuk mendapatkan lilin sin cha masyarakat Tionghoa di Cirebon harus memesan ke Semarang,” katanya, Kamis (7/2/2013).
Pow menuturkan selain menyiapkan kebutuhan Imlek biasanya masyarakat Tionghoa juga sekalian menyaiapkan kebutuhan untuk prosesi Cap Go Meh atau perayaan 15 hari setelah Imlek.
“Persiapan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tentu tidak sebentar karena kedua perayaan tersebut menjadi hal sakral bagi masyarakat Tionghoa,” ujarnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment