Program Pembuatan Akta Kelahiran Gratis

KOTA CIREBONPemerintah Kota Cirebon, menerbitkan sedikitnya 3.600 akta kelahiran dari permohonan penerbitan dan penetapan akta kelahiran kolektif yang masuk sepanjang 2012. Pembuatan akta kelahiran kolektif gratis mendapat respon baik dari masyarakat yang begitu antusias mengajukan pembuatan akta kelahiran meskipun banyak diantara pemohon yang terlambat dalam pembuatan akta kelahiran.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon Sanusi mengatakan pihaknya menduga masih ada ribuan masyarakat Kota Cirebon yang belum memiliki akta kelahiran dan pengajuan pembuatan akta kelahiran kolektif pada 2013 diperkiarakan akan lebih banyak dari tahun sebelumnya yang mencapai 3.600 pengajuan.

“Melihat ketersediaan anggaran untuk biaya pembuatan akta kolektif, pada 2013 kami hanya menargetkan sebanyak 700 permohonan pembuatan akta kelahiran karena tahun lalu kami telah menerbitkan ribuan akta kelahiran,” katanya
Sanusi menuturkan apabila jumlah pemohon lebih banyak dari target yang ditentukan (700 akta) pihaknya akan memperbanyak jumlah penerimaan permohonan pada perubahan anggaran 2013 karena pembuatan akta kelahiran koletif biayanya dibebankan kepada pemerintah (APBD Kota Cirebon).
“Biaya atau denda pembuatan akta kelahirkan hanya dikenakan bagi masyarakat yang terlambat membuat akta kelahiran karena harus melalui mekanisme sidang,” tuturnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment