Saluran Air Tidak Berfungsi

ARJAWINANGUN- Walaupun dinobatkan sebagai pasar sandang terbesar di Asia Tenggara, namun sebenarnya masih banyak sarana dan prasarana yang belum memadai di Pasar Sandang Tegalgubug. Tak hanya jalan masuk pasar yang masih rusak, kondisi drainase juga memprihatinkan. Karena tak berfungsi, air sering tergenang saat turun hujan.
Hal ini tentu membuat para pedagang waswas. Beberapa di antaranya bahkan siap-siap untuk memperbaiki kios atau lapak jualan. Pemilik kios Blok A No 32, H Didin mengatakan, saat hujan tiba dipastikan jalanan pasar menjadi terendam. Sebenarnya, kondisi ini diperparah dengan kebiasaan para pedagang yang sembarangan menutup aliran irigasi atau drainase. Karena drainase tertutup, kata dia, air tidak berjalan sehingga meluap. “Bagaimana tidak banjir, orang drainasenya saja tidak ada,” ujarnya.
Menurutnya, beberapa tahun lalu kondisi jalanan di Pasar Tegalgubug tidak separah tahun ini. Karena kenyamanan dan kebersihan yang kurang, kini H Didin harus memutar otak agar tempat kiosnya tidak becek dan banjir yaitu dengan cara meninggikan lantai dan membuat saluran air. Tidak hanya itu, keadaan demikian juga karena kurang dukungan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam memperhatikan Pasar Tegalgubug. “Walaupun ini pasar desa, setidaknya punya tanggung jawablah mau memperhatikan kondisi di sini,” ungkapnya saat dijumpai Radar, kemarin.
Senada dengan pedagang pakaian, Afif. Dia juga menginginkan agar Pemkab Cirebon mau memperhatikan dan peduli dengan lingkungan Pasar Sandang Tegalgubug. Tidak hanya kondisi jalan yang semakin becek dan tidak karuan, tapi juga sarana prasarana umum lainnya terutama pada tempat mandi, cuci, kakus (MCK). Secara tegas, ia meminta pemkab mau menyisihkan anggarannya untuk perbaikan sarana pasar. “Ini kan pasar terbesar, pemkab juga yang bangga. Harusnya juga ikut peduli,” tegasnya.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment