Taman Ade Irma Suryani (TAIS) Dikembalikan ke Pemkot

LEMAHWUNGKUK, (Berita Informasi Cirebon).- Taman Ade Irma Suryani (TAIS) di Jalan Yos Sudarso, yang dulu menjadi kebanggan dikembalikan ke Pemerintah Kota Cirebon setelah dikelola pihak Polres Cirebon Kota selama 25 tahun sejak 14 Mei 1987.
"Tentang pengelolaan TAIS selanjutnya, Pemkot akan membahas terlebih dulu, tapi sepertinya tidak akan jauh dari tempat rekreasi seperti semula yakni tempat rekreasi," kata Subardi, seusai serah-terima aset TAIS di Balai Kota, Senin (14/5).
Subardi menyatakan, yang terpenting saat ini adalah mengamankan aset-aset milik Pemkot tersebut. "Setelah administrasinya diberesin dulu, baru akan dikonsep bagaimana TAIS ke depannya," kata dia.
Taman Ade Irma Suryani (TAIS) Dikembalikan ke PemkotSaat ditanya mengenai konstribusi TAIS bagi pemkot selama ini, Subardi menegaskan, sejak 11 Agustus 2004 Pemkot tidak lagi menerima kontribusi karena ada persoalan. Namun, Subardi enggan menyebutkan persoalan yang dimaksud.
Seluruh aset TAIS dikelola Kepolisian Wilayah (Polwil) Cirebon sejak 14 Mei 1987 dengan masa kontrak selama 25 tahun. TAIS dikelola Polres Cirebon Kota setelah Polwil Cirebon dibubarkan 2010 lalu. Dalam pengelolaannya sendiri diserahkan kepada pihak ketiga, yakni PT Citra Ria Indah Loka (CRIL).
Pemutusan kerjasama dilakukan ketiga pihak tersebut di ruang atas Balai Kota Cirebon melalui penandatanganan surat perjanjian dengan disaksikan notaris Morini Basuki.
Aset berupa tanah yang dikembalikan dari pihak pengelola bertambah 1 hektare, dari sebelumnya 1,7 ha menjadi 2,7 ha. Aset lain yang dikembalikan kepada Pemkot berupa bangunan dua lantai, masing-masing seluas 135 m2 dan sekitar 180 m2.
Dalam perjanjian pihak ketiga diwajibkan menyelesaikan tagihan-tagihan yang belum terbayar, di antaranta telefon, listrik, air, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Perwakilan pihak ketiga, Rozak mengaku, tidak bisa memenuhi pembayaran tagihan PBB. Alasannya tidak adanya anggaran. Oleh karena itu, pihaknya minta keringanan. "Kami minta keringanan, karena. Untuk menggaji karyawan saja tidak cukup," ujar Rozak.
Terkait hal ini, Kapolres Cirebon Kota AKBP Asep Edi Suheri mengatakan akan membicarakannya lebih jauh dengan pihak ketiga. "Kami akan bicarakan hal ini. Prinsipnya penyelesaian secara baik-baik," ujarnya.
Ketua DPRD Kota Cirebon Nasrudin Azis berharap ke depan TAIS menjadi lokasi wisata yang mendatangkan PAD.
Selama ini, TAIS dijadikan tempat rekreasi bagi keluarga. Namun, belakangan kondisi TAIS tidak terurus, padahal, di objek wisata ini pengunjung bisa menikmati ombak Laut Jawa karena letaknya berada persis di bibir pantai dekat pelabuhan Cirebon.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment