Peran Radio Komunitas Harus Dioptimalkan

Peran Radio Komunitas Harus Dioptimalkan
RADIO komunitas (Rakom) sebagai salah satu media komunikasi informasi dan edukasi  saat ini memiliki posisi yang strategis. Jika dioptimalkan, Rakom akan memberikan kontribusi terhadap  penyebarluasan informasi pembangunan termasuk  program kependudukan dan keluarga berencana. 
Demikian disampaikan  Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Cirebon, H Moh. Sofyan melalui Kasubid  Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (Aksi), Husein Fauzan pada acara Silaturahmi Pertemuan Penguatan Kemitraan Jaringan Radio Komunitas di Kabupaten Cirebon beberapa waktu lalu. 
Kegiatan itu sebagai tindak lanjut Pertemuan Penguatan Kemitraan Jaringan Radio Komunitas  Indonesia Wilayah Jawa Barat  untuk Akselerasi Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana bertempat di Kabupaten Bandung Barat pada April 2013. 
"Peristiwa penting itu ditandai dengan Deklarasi 50 Radio Komunitas Jawa Barat Peduli Kependudukan dan Keluarga Berencana," ungkap Fauzan.
Lebih jauh Fauzan mengatakan, pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Cirebon merupakan bagian integral dari  program pembangunan, yang tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera sebagai bagian dari pembangunan kualitas sumber daya manusia.
"Dengan terkendalinya pertumbuhan penduduk paling tidak akan memudahkan intervensi dalam pembangunan sektor lain. Seperti  pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi, yang merupakan indikator indeks pembangunan manusia (human development index)," tutur Fauzan.
Acara silaturahmi yang digelar dengan diskusi santai di area lesehan Lapangan Bima Kota Cirebon itu dihadiri Ketua Paguyuban Rakom Kabupaten Cirebon, Dedi Purwanto bersama beberapa staf. Dedi mengatakan, karena jumlahnya cukup banyak apabila diberdayakan, Rakom itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam penyampaian informasi.  "Jumlah Rakom yang ada di Kabupaten Cirebon mencapai sekitar 46 radio," ungkap Dedi dalam acara diskusi.
Kesepakatan diskusi dalam silaturahmi itu antara lain, Rakom yang ada di Kabupaten Cirebon, khususnya yang pada tahap awal telah melakukan kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Jawa Barat, akan menyebarluaskan informasi Kependudukan dan Keluarga Berencana dengan intens. Bentuk promosi itu antara lain berupa talkshow dalam salah satu acara Rakom yang telah disiapkan. 
Selain itu, pemutaran iklan layanan masyarakat Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, dan add-lips oleh para pramu siar dalam setiap kali Rakom siaran.
Sementara itu, pihak BPPKB disepakati menyiapkan nara sumber dan bahan materi untuk KIE tersebut. Dengan demikian, maka kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula, terutama dalam mengelola kegiatan, mulai dari perencanaan sampai pada pengendalian.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment