Puskesmas Tersana Cirebon, Buka Layanan `SMS Gateway`

Puskesmas Tersana Cirebon, Buka Layanan `SMS Gateway`
Salah satu Puskesmas di Cirebon. (dinkes.cirebonkab.go.id)
Cirebon : Berkembangnya teknologi juga baiknya dimanfaatkan di bidang kesehatan. Salah satu puskesmas di Cirebon memanfaatkan fasilitas SMS Gateway untuk merujuk pasien yang tidak bisa ditangani di puskesmas.

Puskesmas Tersana Cirebon misalnya yang terletak di Jl. Mayjen Sutoyo No. 4 Rt 01 Rw 01 Desa Pabeilan Kidul, Cirebon termasuk dalam program PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar) yang memiliki fasilitas atau kemampuan untuk penanganan kegawatdaruratan obstetri dan neonatal dasar.

"Puskesmas ini memiliki sistem sms gateway yang memiliki jaringan dengan beberapa rumah sakit di Cirebon sehingga bisa cepat menangani pasien," ujar Kepala Puskesmas Tersana, Kurnia Sukma, yang ditemui beberapa waktu lalu di Cirebon, Jawa Barat. Seperti ditulis Kamis (23/5/2013).

"Rujukannya seperti sistem jejaring. Kami hanya mengirimkan rujukan melalui SMS ke nomor08122209904 Dan saat itu biasanya pesan akan dibalas oleh pihak RS yang memiliki segala kebutuhan pasien. Sehingga ketika pasien sampai, bisa ditangani dengan cepat. Karena RS Waled Cirebon yang terdekat, kami biasanya merujuk pasien kesana,"ujar Kurnia. 

Kurnia menyampaikan, karena sistem ini menggunakan pesan pendek, tentu ada kendalanya. "Tapi standarisasi jawaban dari RS paling lama 10 menit. Jika lebih dari 10 menit, kami biasanya merujuk pasien ke RS lainnya," tambahnya.

"Walaupun puskesmas ini masih baru, tapi adanya puskesmas ini sangat membantu menurunkan angka kematian ibu sejak 2011. Tahun 2011 ada 13 ibu yang meninggal dan tahun 2012 hanya 3 ibu," jelas Kurnia.
Share on Google Plus

About ridwan comunity smpn 6

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment